Tips

Tips Hemat Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

timurpost.ID timurpost.ID
December 14, 2023
Home
Tips
Tips Hemat Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan
Tips Hemat Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan/timurpost.id

timurpost.id - Liburan menjadi aktivitas refreshing untuk menghilangkan kejenuhan setelah lama bekerja. Bahkan, liburan menjadi slah satu hal wajib yang dilakukan kebanyakan orang.

Terlebih jika menjelang liburan akhir tahun. Sayangnya, banyak orang menganggap bahwa liburan membutuhkan dana besar. Padahal liburan yang menyenangkan tidak perlu menghabiskan banyak.

Berikut ini tips-tips liburan hemat akhir tahun menyenangkan ala Dinas Pariwisata Bone Bolango, Provinsi Gorontalo

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Bone Bolango, Yudin Maksum bahwa awalnya rencanakan liburan anda dengan baik jauh sebelum waktu keberangkatan. Ini membantu menemukan destinasi dengan penawaran diskon dan harga terbaik.

"Rencana itu termasuk memilih destinasi yang sesuai dengan anggaran yang kalian miliki. Pilih tempat-tempat yang lebih terjangkau, namun menarik untuk dikunjungi," kata Yudin.

Selain itu, kata Yudin, setelah merencanakan liburan, terlebih dahulu yang dipesan adalah tiket perjalanan dan akomodasi. Pesan secara online dan dari jauh-jauh hari agar bisa kebagian tiket.

Dengan memesan lebih awal, kalian mungkin mendapatkan harga yang lebih murah. Biasanya akhir tahun seperti ini banyak promo, diskon, atau paket liburan yang ditawarkan oleh agen perjalanan atau situs pemesanan.

"Usai pesan tiket, di perjalanan bawa bekal ringan atau makanan ringan dari rumah. Ini dapat membantu mengurangi pengeluaran untuk makanan di luar," ujarnya.

Untuk kalian yang tidak memiliki kendaraan pribadi, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum. Daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi, ini mungkin bisa lebih ekonomis.

Ketika berada di lokasi destinasi, kalian bisa menjelajahi atraksi lokal dan aktivitas yang tidak memerlukan biaya tinggi. Ada banyak hal yang di destinas bisa dinikmati tanpa mengeluarkan banyak uang.

Kemudian, di beberapa tempat wisata atau restoran mungkin menawarkan diskon khusus. Jika kalian menggunakan kartu khusus, silahkan gunakan diskon itu untuk meminimalisir biaya yang keluar.

"Hemat saat berada di destinasi juga utama. Gunakan diskon wahana wisata yang disediakan pengelola, apalagi kalian memiliki tiket khusus," katanya.

"Seperti contoh di Bone Bolango, sebagian orang sudah mempunyai kartu akses masuk ke Destinasi wisata lombongo yang punya kelebihan tersendiri," ungkapnya.

Satu lagi, jika mau hemat, jangan tergoda untuk membeli terlalu banyak souvenir atau ole-ole. Belilah secukupnya agar tidak menghabiskan anggaran liburan.

Intinya, sebelum liburan gunakan teknologi untuk melihat perbandingan harga. Temukan penawaran terbaik untuk aktivitas, tiket, dan akomodasi. Pilihlah destinasi lokal wisata yang cenderung murah atau low budget.

"Mungkin ada tempat-tempat menarik di dekat tempat tinggal Anda yang belum pernah Anda kunjungi. Pertimbangkan untuk berlibur secara lokal untuk menghemat biaya perjalanan," tegasnya.

Blog authors