Ekonomi

Tips Hemat Ibu Rumaah Tangga Ketika Harga Bahan Pokok Melambung Tinggi

timurpost.ID timurpost.ID
December 18, 2023
Home
Ekonomi
Tips Hemat Ibu Rumaah Tangga Ketika Harga Bahan Pokok Melambung Tinggi

timurpost.id - Jelang akhir tahun, harga komoditi pangan di sejumlah daerah terus merangkak naik. Kondisi tersebut juga berdampak pada kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, kita diminta untuk bisa menanajeman anggaran yang baik. Sebab, mengelola anggaran dengan bijak saat harga bahan pokok melambung tinggi, bisa menjadi solusi mengurangi pengeluaran.

Berikut beberapa tips yang mungkin membantu kalian dalam menghemat budget pengeluaran ketika harga bahwan pokok tiba-tiba naik.

1. Buat Rencana Anggaran:

Membuat rencana anggaran bulanan yang jelas dan perhatikan pengeluaran kalaian. Identifikasi kebutuhan pokok dan alokasikan dana secara proporsional.

Artinya, setiap pengeluaran dalam belanja harus mempertimbangkan skala prioritas. Apakah barang atau bahan yang kalian beli itu masuk dalam kebutuhan ada sehari-hari, jika tidak budget kalian akan jebol.

2. Beli Secara Cerdas:

Bandingkan harga di berbagai toko atau pasar sebelum membeli. Biasanya setiap lapak atau toko itu harganya berbeda. Tida hanaya berbeda biasanya di toko lain memberikan diskon, promo yang menaik bagi setiap pelanggan

Apalagi, jika kita memiliki kartu member seperti yang ada di pasar-pasar modern. Tentu jika kita bisa menujukan kartu tersebut, kita akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah.

Jika ada diskon, silahkan membeli barang prioritas itu dalam jumlah besar. Agar saat kita mebutuhkan barang itu, tidak perlu lagi membeli karena kita sudah ada stok yang tersimpan.

3. Pilih Produk Alternatif

Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan merek dan produk yang lebih terjangkau. Meski begitu, kalian harus tetap memperhatikan kualitas barang.

Gunakan produk atau toko yang seringkali lebih ekonomis, tapi menyediakan barang berkualitas. Meskipun murah, tapi jangan barannya yang murahan.

4. Pantau Promo


Selalu melakukan pemantauan harga melalui media online. Awasi perubahan harga dan manfaatkan promo atau diskon khusus yang disediakan oleh toko atau gerai. Gunakan aplikasi atau situs web resmi sebagai bahan perbandingan harga atau penawaran terbaik.

5. Daftar Belanja

Kalian harus memiliki catatan khusus kebutuhan. Buat daftar belanja sebelum pergi ke toko dan tetap patuhi daftar tersebut. Hindari pembelian impulsif yang tidak perlu.

Simpan stok makanan pokok yang tahan lama untuk mengantisipasi kenaikan harga. Hindari pemborosan makanan dengan merencanakan menu dan menggunakan sisa-sisa makanan.

6. Hemat Energi:

Kalian juga bisa menghemat dengan menggunakan peralatan masak yang hemat energi. seperti mengurangi biaya listrik atau gas dan pastikan peralatan listrik mati ketika tidak digunakan.

Alokasikan sebagian kecil dari anggaran untuk simpanan darurat yang dapat digunakan dalam keadaan darurat atau ketika harga bahan pokok terus melonjak.

Selalu perhatikan kebiasaan belanja kalian dan terus cari cara untuk mengoptimalkan anggaran. Jangan ragu untuk mencari saran dari orang-orang di sekitar yang mungkin memiliki tips tambahan untuk menghemat uang.

Blog authors