Tips

7 Tips Aman Mendaki Gunung Berapi yang Harus Diketahui

timurpost.ID timurpost.ID
December 04, 2023
Home
Tips
7 Tips Aman Mendaki Gunung Berapi yang Harus Diketahui
 11 Pendaki Meninggal Akibat Erupsi Gunung Marapi, Ini Tips Aman Mendaki Gunung Berapi/timurpost.id


timurpost.id - Sebanyak 11 pendaki ditemukan meninggal dunia usai letusan Gunung Marapi hingga Senin pagi (4/12/2023). Diketahui, sebelumnya salah satu gunung api paling aktif di Indonesia ini erupsi hebat pada Minggu (3/12/2023).

Namun begitu, Kantor SAR Padang hingga kini belum mengungkapkan identitas ke-11 pendaki yang ditemukan meninggal dunia.

Data SAR Padang,  jumlah survivor sebanyak 75 orang. Dari jumlah itu, 49 orang di antaranya berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat. Itu termasuk tiga pendaki yang dievakuasi dalam kondisi selamat.

Sementara,  tim gabungan masih konsentrasi mencari 12 pendaki yang belum diketahui keberadaannya.

Terlepas dari letusan Gunung Marapi, belakangan pendakian gunung menjadi salah satu wisata favorit. Bahkan, orang-orang tak berkemampuan pun kini turut hobi mendaki.

Padahal, selain bahaya erupsi, gunung api juga mengandung bahaya lain yang kerap menyebabkan korban jiwa. Misalnya, suhu dingin, tiupan angin kencang, longsor, banjir bandang dan lain sebagainya.

Tentu ini sangat berisiko bagi pendaki yang tidak memahami medan, dan sangat berbahaya untuk pemula. Berikut ini adalah tips mendaki bagi pemula:

01.    Pahami maksud dan tujuan pendakian

Alasan yang dimiliki setiap orang pastilah berbeda dalam mendaki gunung. Pastikan alasan yang kita miliki bersifat positif agar pendakian yang dilakukan dapat bermakna, bermanfaat, dan memberikan pelajaran berharga dalam hidup.

02.    Pelajari situasi dan medan yang akan dilalui saat mendaki gunung

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tingkat kesulitan medan yang akan dilalui. Jika tempat tujuan anda memiliki medan yang cukup berat, pertimbangkanlah untuk mencari tujuan alternatif dengan medan yang lebih ramah bagi pendaki pemula.

Namun jika anda tetap ngotot ingin menuju ke tujuan awal anda, persiapkanlah diri dengan baik, latihlah fisik anda, persiapkan peralatan pendukung yang berkualitas, dan ajak teman anda yang punya cukup pengalaman mendaki gunung, agar pendakian pertama anda berjalan dengan aman, lancar, dan selamat hingga kembali pulang ke rumah.

03.    Bawa perlengkapan mendaki yang berkualitas

Memang bukanlah harga yang murah untuk membeli perlengkapan mendaki yang berkualitas. Sedikit mengeluarkan uang lebih banyak rasanya pantas saja apabila melihat fungsi serta manfaat yang akan kita dapatkan saat mendaki, sehingga pendakian pun akan berjalan aman, nyaman, dan lancar.

04.    Lakukan pemanasan dan olah fisik


Ada baiknya melakukan pemanasan sebelum mendaki agar otot-otot tubuh tidak kaget dan mengalami kram, cedera, dan sebagainya.

05.    Hargai dan hormati alam sepanjang jalur pendakian

Ikutilah jalur yang telah tersedia, jangan merusak apapun yang telah ada termasuk pepohonan dan tumbuhan sekitar.

06.    Hindari hewan dan tanaman beracun

Pelajari tanaman-tanaman beracun yang dapat merugikan anda, dan hindari saat sedang melakukan pendakian. Tetap jaga jarak dengan hewan yang berpotensi membahayakan keselamatan anda, hargai mereka, jangan sekalisekali mengganggunya dengan berusaha untuk tetap menghindar dari bertemu langsung.

07.    Mulailah dengan gunung yang ramah

Sebagai pemula dengan fisik yang belum terlatih, mendaki gunung yang tinggi dengan medan berat sangatlah tidak dianjurkan. Cobalah dengan gunung dengan pendakian ringan sesuai dengan kemampuan fisik

Blog authors