Bone Bolango

Merlan Uloli Sosok Perempuan Pertama yang Jadi Kepala Daerah di Bonebol

timurpost.ID timurpost.ID
November 15, 2023
Home
Bone Bolango
Merlan Uloli Sosok Perempuan Pertama yang Jadi Kepala Daerah di Bonebol

 

Merlan Uloli Sosok Perempuan Pertama yang Jadi Kepala Daerah di Bonebol

timurpost.id - Sosok Merlan S. Uloli saat ini menjadi perbincangan publik. Pasalnya, merlan Uloli adalah perempuan pertama yang menjadi kepala Daerah di Provinsi Gorontalo.

Merlan yang sebelumnya hanya Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol), kini naik tahta menjadi Bupati Bonebol setelah menggantikan Hamim Pou.



Hamim harus merelakan jabatanya karena dirinya diperintahkan partai untuk maju di Pemilihan DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut).

Mundurnya Hamim Pou juga disusul Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) nomor 100.2.1.3- 3696 tahun 2023. SK tersebut merupakan Pengesahan Pemberhentian Bupati Bone Bolango dan Penunjukan Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango.

Meski masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, tapuk pimpinan daerah di ujung timur Gorontalo itu sudah menjadi kewenangan Merlan sejak 3 November lalu. Belum satu bulan menjabat, merlan fokus dalam penanganan stunting dan kemiskinan.

"Saya siap mendedikasikan diri untuk Bone Bolango. Terutama dalam hal penurunan angka kemiskinan dan persoalan sosial lainnya yang masih terjadi," kata Merlan kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Tentang Merlan

Merlan sendiri mengawali karirnya di lingkup Pemerintah Kota Jayapura, Papua. Tidak langsung menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), dirinya mengadu nasib di tanah papua sebagai tenaga Honorer.

Wanita kelahiran Gorontalo 20 Mei 1965 kemudian diangkat menjadi ASN dan berhasil menduduki beberapa jabatan birokrasi di Papua. Puncanya di Birokrasi, ia sempat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura.

Setelah 22 tahun mengabdi jadi ASN di Kota Jayapura. Merlan kembali ke kampung halaman dan terjun ke dunia Politik. Pinangan petahana Hamim Pou yang kembali maju di Pilkada Bonebol Desember 2020 silam, membuat keduanya memenangkan kontestasi itu.

Seperti di Birokrasi, karir Merlan makin moncer setelah kini menjadi Plt Bupati Bonebol. Bahkan, di ganjang-ganjang dirinya bakal maju dalam perhelatan Pilkada 2024 mendatang.

Sebagai petahana, Merlan diprediksi merupakan kandidat terkuat dalam perhelatan pemilihan kepala daerah di Bonebol kedepan. Saat ini, banyak yang mulai menawarkan diri mendampingi beliau di Pilkada mendatang.

Meski begitu, Merlan masih belum fokus pada perhelatan Pilkada tahun depan. Dirinya kini tengah memperbaiki segala sesuatu yang belum tuntas selama kepemimpinannya, terutama soal kemiskinan.

   





Blog authors