Ekonomi

Faktor yang Mempengaruhi Harga Beras Naik Akibat Kemarau

timurpost.ID timurpost.ID
September 28, 2023
Home
Ekonomi
Faktor yang Mempengaruhi Harga Beras Naik Akibat Kemarau

  

Faktor yang Mempengaruhi Harga Beras Naik Akibat Kemarau

timurpost.id - Kenaikan harga beras akibat kemarau dapat terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi produksi dan pasokan beras. Beberapa dari faktor-faktor tersebut meliputi:


 

  1. Produksi Tanaman Padi Menurun: Kemarau yang berkepanjangan dapat mengurangi jumlah air yang tersedia untuk irigasi tanaman padi. Kondisi ini dapat menyebabkan rendahnya produktivitas tanaman, yang pada gilirannya mengurangi produksi beras.
  2. Menurunnya Ketersediaan Air: Ketersediaan air yang berkurang dapat mempengaruhi lahan pertanian dan irigasi. Jika petani mengalami kesulitan mendapatkan air untuk tanaman padi mereka, produksi beras dapat menurun.
  3. Peningkatan Biaya Produksi: Petani mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyediakan air irigasi tambahan atau menggunakan teknologi irigasi alternatif selama musim kemarau. Biaya tambahan ini dapat tercermin dalam harga beras.
  4. Ketergantungan pada Irigasi: Daerah yang sangat bergantung pada irigasi untuk pertanian padi bisa lebih rentan terhadap kenaikan harga beras selama periode kemarau.
  5. Kerusakan Panen dan Penyimpanan: Panen yang terhambat atau rusak karena kekeringan dapat mengurangi jumlah beras yang tersedia di pasaran. Selain itu, kondisi kering dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan, yang dapat merusak tanaman padi dan persediaan beras.
  6. Permintaan yang Stabil atau Meningkat: Jika permintaan beras tetap tinggi atau bahkan meningkat, sementara produksi menurun, maka tekanan pada pasokan dapat mendorong kenaikan harga.
  7. Perubahan Ekonomi dan Nilai Tukar: Faktor ekonomi makro seperti nilai tukar mata uang, biaya energi, dan perubahan harga input pertanian juga dapat mempengaruhi harga beras.

Penting untuk dicatat bahwa kenaikan harga beras akibat kemarau dapat bervariasi tergantung pada banyak variabel lokal dan regional. Pemerintah dan organisasi terkait seringkali terlibat dalam upaya untuk mengatasi dampak kemarau terhadap ketahanan pangan dan harga bahan makanan.

 

Blog authors