Hujan Tips

Bacaan Doa Agar Turun Hujan

timurpost.ID timurpost.ID
September 22, 2023
Home
Hujan
Tips
Bacaan Doa Agar Turun Hujan
Hujan

timurpost.id - Berikut terdapat doa-doa yang bisa dibacakan oleh kita untuk meminta turun hujan kepada Allah SWT. Adapun doa-doa ini juga doa yang dibacakan oleh Nabi Muhammad ketika meminta hujan.

1. Doa yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.

Berikut ini adalah doa yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan berisi permintaan hujan yang menyuburkan, tidak membahayakan, serta bermanfaat:

اللهمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا, نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلًا غَيْرَ أٰجِلٍ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda.” (Imam Abu Bakr al-Thurthusyi, al-Du’a al-Ma’tsurat wa Adabuhu wa Ma Yajibu ala al-Da’i Ittiba’uhu wa Ijtinabuhu, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002, h. 174).

2. Doa yang dipanjatkan karena permintaan seorang Badui

Doa kedua adalah doa yang dipanjatkan karena permintaan seorang Badui, Ia Sowan kepada Rasulullah mengeluhkan bahwa binatang ternaknya banyak yang mati. Selain itu anak-anak juga tidak pernah kenyang karena kelangkaan susu untuk diminum.

Rasulullah pun berdiri di atas mimbar, bertahmid dan memuji Allah. Ia berdoa dengan doa berikut ini:

اللهمّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا سَرِيْعًا مَرِيْعًا غَدَقًا طَبَقًا، عَاجِلًا غَيْرَ رَائِفٍ، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ تَمْلَأُ بِهِ الضَّرْعُ، وَيَنْبُتُ بِهِ الزَّرْعُ وَتُحْيِي بِهِ الْأَرْضُ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرِجُوْنَ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang merata segera, menyuburkan, lebat, merata, segera tanpa keterlambatan, bermanfaat tanpa bahaya. Hujan yang dapat memenuhkan ambing (kantong kelenjar) susu binatang ternak, yang menumbuhkan tanaman, yang menghidupkan tanah setelah mati (karena kekeringan).” (Imam Abu Bakr al-Thurthusyi, al-Du’a al-Ma’tsurat wa Adabuhu wa Ma Yajibu’ala al-Da’i Ittiba’uhu wa Ijtinabuhu, 2002, h. 174).

3. Doa yang diriwayatkan oleh Imam bin Anas


Berikut ini adalah doa yang diriwayatkan oleh Imam bin Anas dimana doa tersebut berisi permintaan diturunkannya hujan untuk hamba-hamba Allah, dan binatang-binatang ciptaan-Nya, serta dihidupkannya kembali negeri yang sebelumnya mati karena kekeringan:

اللهمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan binatang-binatang (ciptaan)-Mu, sebarkanlah rahmat-Mu dan hidupkanlah negeri-Mu yang sebelumnya mati.” (Imam Abu Bakr al-Thurthusyi, al-Du’a al-Ma’tsurat wa Adabuhu wa Ma Yajibu ala al-Da’i Ittiba’uhu wa Ijtinabuhu, 2002, h. 176).

Blog authors