Tips

3 Adab Tidur Kepercayaan Warga Gorontalo, Salah Satunya Biking Ngeri

timurpost.ID timurpost.ID
August 14, 2023
Home
Tips
3 Adab Tidur Kepercayaan Warga Gorontalo, Salah Satunya Biking Ngeri
Adab Tidur


timurpost.id - Setiap daerah memiliki adab dan adat istiadat yang berbeda, terlebih di Provinsi Gorontalo. Daerah yang dikenal dengan serambi madinah tersebut, masih memegang teguh adat yang menjadi kepercayaan mereka sejak dulu.

Apalagi, Gorontalo dikenal dengan penganut falsafah segala pekerjaan hendaklah selalu mengingat aturan adat dan agama. Tentu falsafah ini tidak lari dari perkataan dan perbuatan yang mereka lakukan.

Seperti halnya dengan adab saat tidur. Sebagai warga Gorontalo, tidur juga memiliki adat yang tidak bisa dilanggar. Jika dilanggar maka akan fatal akibatnya.

Posisi Terlentang

Jika dihubungkan dengan kepercayaan warga Gorontalo, tidur dengan posisi terlentang tidak disarankan. Sebab, tidur terlentang disukai oleh iblis yang dengan sengaja mengganggu orang yang tidur dengan posisi seperti itu.

Biasanya, orang yang tidur terlentang akan mendapatkan mimpi buruk yang dibawa oleh mahluk halus. Dari mimpi itulah, orang yang tidur terlentang akan mengigau hingga tak sadarkan diri.

Selain itu, kepercayaan lain warga Gorontalo, yakni tidur dengan posisi terlentang bisa dilangkahi iblis. Iblis akan melangkahi orang yang tidur sehingga menyebabkan orang tersebut akan merasakan sakit ketika bangun.

Posisi Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap juga sangat tidak disarankan di Gorontalo. Menurut kepercayaan Gorontalo, tidur dengan posisi ini, dipercaya memperpendek umur orang tua.

Bagi laki-laki atau perempuan di Gorontalo yang sudah akil baligh, tidak disarankan tidur dengan posisi tengkurap. Mereka percaya, bahwa tidur tengkurap sama saja dengan mendoakan orang tua cepat meninggal.

Tidak hanya tidur, anak yang sudah mulai beranjak dewasa, tidak disarankan untuk melakukan tengkurap. Kecuali aktivitas yang disengaja yang memaksa kita untuk tengkurap.

Kepercayaan disebut Molamao atau motadia yang artinya meminta orang tua cepat mati. Meski begitu, belum ada penjelasan pasti mengapa tidur posisi tengkurap bisa memperpendek umur orang tua.

"Kami juga kurang tau apa penjelasannya, yang jelas dari dulu posisi tidur tengkurap dilarang," kata Arfan Mooduto, warga Gorontalo.

Tidur Jelang Magrib

Tidur di waktu sore juga tidak disarankan dan menjadi ada tidur di Gorontalo. Sebab, tidur di sore hari sangat disukai oleh iblis dan jin.

Bagi warga Gorontalo yang berani tidur di waktu sore atau menjelang magrib, akan didatangi mahluk gaib. Biasanya, mahluk gaib itu ialah siluman kuyang atau warga Gorontalo menyebutnya ponggo.

Menurut cerita, jika berani tidur sore dan tidak sempat berdoa, maka orang itu akan dirasuki siluman ponggo. Siluman itu akan datang melalui mimpi dan akan mengajak orang orang itu untuk terbang.

Dalam mimpi itu, orang yang terbang bersama siluman kuyang akan berubah. Mulai dari perilaku yang tidak suka dengan keramaian, suka duduk di tempat gelap hingga memperlihatkan tingkah yang aneh.

"Biasanya orang yang sudah dirasuki siluman kuyang akan terlihat dari kebiasaannya sebelumnya. Jika ia sering diam dan tidak suka berbaur, maka bisa dipastikan yang bersangkutan tidur sore dan dirasuki siluman ponggo," ia menandaskan.

Meski begitu, ketiga adab tidur ini, banyak yang tidak mempercayai lagi. Apalagi bagi warga yang tinggal di perkotaan, kepercayaan ini masih kental dan ditemukan di desa-desa terpencil di Gorontalo.

Blog authors