UKM

Kepala Dinas Kumperindag Gorontalo Dorong Koperasi Rekrut Anggota Pelaku UMKM

timurpost.ID timurpost.ID
May 05, 2023
Home
UKM
Kepala Dinas Kumperindag Gorontalo Dorong Koperasi Rekrut Anggota Pelaku UMKM

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Koperasi , Kamis (04/05/2023).


timurpost.id -
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Koperasi, Kamis (04/05/2023).

Pelatihan yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik tersebut, diikuti oleh 50 orang pengurus dan pengelola Koperasi yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Gorontalo.

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Risjon Sunge mengatakan, jika pelatihan ini bukan sekedar pelatihan, akan tetapi, ini merupakan langkah dan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas SDM bagi para pengurus koperasi.

Menurutnya, saat ini persaingan usaha semakin tinggi. Olehnya, koperasi harus melakukan gerak perubahan dalam melakukan inovasi-inovasi yang bisa menjawab persaingan tersebut.

"Sehingga koperasinya bisa tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat, khususnya oleh anggotanya," kata Risjon.

Untuk mewujudkan itu, pengurus dan pengelola koperasi wajib memiliki SDM yang profesional. Terutama memiliki keahlian dan kemampuan manajerial dalam mengelola koperasi dan usahanya secara akuntabel.

Dalam rangka pemberdayaan koperasi perlu ditempuh beberapa strategi dan kebijakan diantaranya, melakukan revitalisasi. Selain itu, merekrut anggota yang benar-benar ingin berkoperasi.

"Rekrut anggota, agar koperasi memiliki usaha, ayo ajak pelaku UMKM juga menjadi anggota koperasi," pintanaya.

“Perlu dikembalikan fungsi koperasi yang sebenarnya. Memenuhi kebutuhan anggotanya, serta memiliki prospek kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi kedepan”, ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:


Blog authors