Kesehatan Tips

Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Berlebih Dalam diri

timurpost.ID timurpost.ID
March 09, 2023
Home
Kesehatan
Tips
Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Berlebih Dalam diri
Ilustrasi Cemas


timurpost.id - Setiap orang kerap kali merasakan perasaan cemas. bahkan cemas ini sangat berdampak baik buruknya seseorang yang mengidap penyakit yang tersebut

Bahkan, perasaan cemas juga mendorong seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk persoalan. Meski begitu, tingkat dan dampak cemas itu setiap orang berbeda-beda.

Menurut banyak orang, jika cemas berlangsung lama, maka bisa dipastikan bakal mengganggu aktivitas orang itu sendiri. Nah, bagaimana metode jitu menghilangkan rasa cemas ini?, simak ulasannya.

Grounding 5-4-3-2-1

Saat rasa cemas tiba-tiba menyerang, lihatlah pemandangan di sekitar anda. Kemudian, sebutkan lima benda yang ada di sekitar kamu.

Setelah itu, anda diam sejenak dan sebutkan tiga suara yang kamu dengar. Lanjutkan dengan aroma yang bisa kamu hirup saat itu. Seperti yang dilakukan diawal, kenali satu aroma yang anda kenali.

Napas Panjang

Bisa juga menghilangkan kecemasan dengan menghirup nafas panjang. tarikan nafas bisa merefleksikan tubuh, metode ini biasa disebut dengan relaksasi yang mengurangi kecemasan.

Caranya, tarik nafas anda dalam-dalam melalui indra penciuman atau hidung. Kemudian tahan selama 2 detik, dan lepaskan melalui mulut, yang penting mulutnya tidak bau ya.. hehehe.

Tidak Membuka


Mengurai cemas pada diri sendiri, kalian harus berhenti sejenak berinteraksi dengan dunia luar. Salah satunya berinteraksi di media sosial.

Jangan sampai ketika melihat hal-hal yang tidak diinginkan di media sosial akan mempengaruhi tingkat emosional yang bisa memicu kembali kecemasan itu. Minimal mengurangi  akses bermedia sosial bisa membantu menurunkan kecemasan.

Meluangkan Waktu

Bisa juga dengan meditasi sendiri tanpa ditemani orang-orang. Bila perlu, smartphone selama kalian mengasingkan diri dalam proses meditasi atau bertapa. Sebab, rasa cemas dipicu akibat meningkatnya hormon stres.

Olahraga

Olahraga adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan. agar zat endorphin aatau hormon meningkat dan bisa membagkitkan suasana hati senang. Jika hari senang, maka rasa cemas itu akan hilang, maka dianjurkan untuk olahraga rutin.

Curhat


Meminta solusi kepada orang lain juga merupakan hal yang lazim sebagai makhluk yang bersosial. Anda bisa menceritakan segala hal apa yang anda rasakan selama ini. Nah, solusi atau support yang baik dari orang lain akan membentuk jiwa dan semangat kalian. Demikian tips dari timurpost.id Sekian.

Simak juga video pilihan berikut:


 


* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Blog authors