Kesehatan

Leher Hitam, Begini Cara Memutihkan Secara Alami

timurpost.ID timurpost.ID
November 11, 2022
Home
Kesehatan
Leher Hitam, Begini Cara Memutihkan Secara Alami


 

 Leher Hitam, Begini Cara Memutihkan Secara Alami


timurpost.id - “Memiliki leher yang hitam tentu bisa memengaruhi penampilan wajah kamu yang tampak cerah. Tidak harus perawatan di klinik kecantikan, kamu bisa memutihkan leher secara alami hanya dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.”

Mungkin, tak sedikit orang yang belum tahu cara alami memutihkan leher. Selama ini, kebanyakan orang umumnya lebih berfokus merawat wajah daripada leher. Padahal, leher sama pentingnya dengan wajah dan sangat mempengaruhi penampilan wajah kamu. Wajah yang tampak cerah justru akan terlihat kurang menarik apabila leher tampak hitam.

Tidak selalu dengan perawatan ke klinik, kamu bisa kok memutihkan leher dengan bahan-bahan alami di rumah! Nah, kalau kamu sedang mencari solusi memutihkan leher, yuk simak tips mudah dan sederhana berikut ini!



Cara Alami Memutihkan Leher

Beberapa bahan-bahan alami di bawah ini umumnya mudah kamu temukan di rumah. Berikut perawatan kulit yang patut dicoba:



1. Masker adalah cara paling umum memutihkan leher


Pigmentasi kulit sering menjadi biang keladi kulit yang menghitam. Tenang, masalah ini bisa diatasi dengan masker buatan dengan bahan-bahan alami seperti yogurt, kunyit, dan lemon. Untuk membuat masker ini, parut kunyit dan ambil perasan jeruk lemon untuk dicampur dengan yogurt dan tepung. Lalu, aduk hingga menjadi pasta untuk dioleskan ke area leher. Lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali seminggu.

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan nutrisi. Asam laktat dalam yogurt adalah agen pencerah kulit alami. Sementara, lemon mengandung Vitamin C yang dapat mengurangi pigmentasi. Kunyit juga mengandung kemampuan mencerahkan kulit. Sedangkan tepung hanyalah pelengkap untuk membantu mengentalkan masker. Masker dapat dioleskan ke seluruh wajah, leher, dan area bermasalah lainnya, diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan.


2. Cuka sari apel

Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel dapat meringankan pigmentasi. Namun, kamu perlu memperhatikan jumlah cuka yang perlu diencerkan. Cuka sari apel harus diencerkan dengan air dalam jumlah yang sama sebelum dioleskan ke kulit. Hindari menggunakannya terlalu lama dan bilas setelah 2-3 menit saja. Perawatan ini dapat diulang setiap hari, sekali atau dua kali sehari untuk memutihkan leher.


3. Lidah buaya

Jika kamu punya tanaman lidah buaya, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai masker. Lidah buaya mengandung aloin, agen depigmentasi alami. Gel lidah buaya murni dapat dioleskan ke area hiperpigmentasi di malam hari dan dibersihkan di pagi hari. Cara memutihkan leher yang satu ini patut kamu coba dan rutin dilakukan.


4. Susu

Asam laktat yang terkandung dalam susu dapat membantu mencerahkan kulit. Cara penggunaannya, rendam bola kapas ke dalam susu lalu oleskan ke seluruh area yang terkena. Diamkan selama 20-30 dan bilas setelahnya. Cara memutihkan leher ini dapat diulang setiap hari, sekali atau dua kali sehari.


5. Terapkan pola makan sehat

Pola makan yang sehat, seimbang, kaya buah, dan sayuran, penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mendukung pergantian sel kulit. Bukan itu saja, pola makan juga mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga cara ini ampuh untuk memutihkan leher. Selain konsumsi makanan bergizi, kamu juga wajib menghidrasi tubuh dengan minum 8-10 gelas air putih setiap hari.

Jika cara-cara di atas kurang efektif mencerahkan leher, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc tentang cara lain yang lebih ampuh. Dokter yang ahli di bidangnya pasti akan menjawab dan memberikan solusi terbaik, download Halodoc sekarang juga!

Blog authors