Tips

Tips Buat Anak Muda yang Ingin Membangun Bisnis dari Awal

timurpost.ID timurpost.ID
December 11, 2021
Home
Tips
Tips Buat Anak Muda yang Ingin Membangun Bisnis dari Awal

Tips Buat Anak Muda yang Ingin Membangun Bisnis dari Awal
 
timurpost.id - Dari banyaknya generasi, Generasi Z menjadi salah satu kelompok yang memiliki minat tinggi dalam berwirausaha. Bahkan hampir dari setengahnya menginginkan punya bisnis sendiri dalam 10 tahun ke depan.

Akan tetapi, tetap saja untuk mewujudkannya tentu perlu usaha dan kerja keras. Seperti yang diketahui bersama, setiap pengusaha berpengalaman tentu memulai bangun bisnis hingga perusahaannya dengan beragam risiko. Mungkin ada pengusaha yang sampai berani mempertaruhkan tabungan untuk berinvestasi, berutang, atau meningkatkan modal dengan menjual ekuitas.

Jika memang termasuk salah satu dari banyaknya Generasi Z yang sangat bertekad untuk menjadi wirausahawan, Anda mungkin bisa mengikuti beberapa tips membangun bisnis mulai dani nol dari para profesional berikut ini.

Melansir laman CNBC, Jumat (10/12/2021), berikut ini 8 tips memulai bisnis yang bisa dilakukan Generasi Z ketika ingin berwirausaha dan menjadi bos di perusahaan sendiri.

1. Manfaatkan waktu yang dimiliki

Usai Anda masih muda. Jika mungkin belum terlalu banyak beban, manfaatkan dan habiskanlah waktu luang Anda dengan bijak. Manfaatkan peluang tersebut dengan baik. Misalnya Anda mungkin bisa mengambil pekerjaan tambahan atau mencoba hal baru. Dengan begitu, Anda bisa mendapat pelajaran dan pengalaman baru dan berharga.

2. Tulis masalah di buku catatan

Selanjutnya dalam membangun bisnis pasti akan banyak masalah yang harus dihadapi. Ketika harus berhadapan dengan beragam masalah yang begitu mengganggu pikiran, Anda bisa menulisnya di sebuah buku catatan.

Setiap kali Anda merasa dapat masalah yang mengganggu, tuliskanlah di sebuah buku catatan. Anda bisa menulis apa pun yang dirasa mengganggu atau sulit dihadapi. Jika sudah menulisnya, kemudian carilah jalan keluarnya.

3. Jaringan

Selain itu, jaringan atau relasi dalam membangun bisnis itu pun sangat penting. Anda sesekali bisa berdiskusi bersama orang-orang yang telah sukses mewujudkan keinginannya. Dari hal itulah Anda bisa mendapat cerita baru yang kemudian bisa diaplikasikan dalam membangun bisnis.

4. Jadilah orang yang teliti

Bukan hanya memiliki relasi, Anda sebagai calon pengusaha pun harus menjadi orang yang teliti. Anda harus bersiap melakukan apa pun. Di balik itu, Anda juga tidak boleh gegabah.

5. Tulis rencana bisnis

Membangun bisnis atau usaha tentu tidak langsung terwujud semalaman atau hanya dengan duduk manis. Semua itu perlu perencanaan. Jadi, coba buatlah perencanaan atau konsep bisnis yang akan Anda jalankan.

6. Diskusikan ide

Setelah mengetahui rencana dan konsep bisnis, langkah selanjutnya adalah mendiskusikan ide tersebut. Jangan takut jika ada orang yang mungkin mengomentari atau menyanggah ide yang sudah Anda buat. Pada itinya, diskusikanlah konsep bisnis tersebut secara bersama-sama dengan tim.

7. Banggalah dengan diri sendiri

Setiap orang memang memiliki perbedaan dan kemampuan masing-masing. Namun, Anda harus tetap bangga dengan kemampuan diri sendiri. Jadi, banggalah dengan segala pencapaian yang telah Anda raih.

8. Jadilah orang yang tangguh

Dalam membangun bisnis, Anda mungkin akan menghadapi berbagai tantangan di setiap harinya. Menghadapi hal itu tentu janganlah mudah menyerah. Dari banyaknya tantangan, Anda seharusnya bisa menjadi orang yang lebih tangguh.

“Berwirausaha itu sulit. Anda harus siap meluangkan waktu, energi, dan pekerjaan untuk mengejar ide dan menguji asumsi Anda. Namun Jangan terlalu cepat menyerah saat keadaan menjadi sulit,” tutur pendiri co-working space CO+HOOTS dan platform sumber daya wirausaha HUUB Jenny Poon.


Blog authors