Hoaks

Tangkal Hoax dan Cek Sebelum Disebar

timurpost.ID timurpost.ID
December 22, 2021
Home
Hoaks
Tangkal Hoax dan Cek Sebelum Disebar

 Tangkal Hoax dengan Cek Sebelum Share


timurpost.id - Pandemi menjadi dalan kita makin mengakrabi media sosial. Berita hoaks berseliweran entah sudah berapa banyak dan seringnya. Tak jarang menimbulkan keresahan dan kepanikan di masyarakat.

Tangkal Hoax, Cek Sebelum Share

Minimnya tingkat literasi masyarakat Indonesia yang dapat langsung menyebarkan informasi padahal hanya membaca judul dari artikel berita atau informasi menjadi salah satu contoh nyatanya. Padahal apa yang mereka sebarkan itu belum tentu valid atau benar adanya.

Berita hoax Tentang Covid-19

• Menyemprotkan alkohol dan klorin ke seluruh tubuh akan dapat membunuh virus covid

Penyemprotan alkohol tidak direkomendasikan karena alkohol dan klorin dapat meningkatkan iritasi kulit dan akan menyebabkan bakteri mudah masuk.

• Minum air putih baik langsung maupun dicampur dengan air hangat dapat meredakan covid

• Pengering Tangan atau Sinar UV dapat membunuh virus corona

Virus corona mati dengan desinfektan alkohol atau air bersuhu 90 derajat.

Tips Terhindar Dari Hoax

1. Baca Baca dan Baca

Lemahnya literasi hanya bisa ditangani dengan cara membaca. Membaca secara utuh dan tuntas dapat menghindarkan diri dari mengonsumsi dan menyebarkan berita bohong ke khalayak luas.

2. Cek Sumber Berita

Sumber berita yang valid biasaya dari website resmi pemerintah maupun website resmi dinas kesehatan. Hati hati jika mendapat berita dari website "abal abal" karena bisa jadi informasi yang disampaikan belum tentu benar.


3. Cek Artikel Tersebut di Hoax Buster


Nah ini adalah cara paling mudah bagi kalian yang cukup mager untuk membaca maupun mencari sumber berita.Hoax Buster merupakan website pemerintah dibawah Satuan Tugas RI.

Ada 2 cara untuk mengecek berita hoax covid 19, diataranya:

• Dengan memasukan url berita


Kunjungi website Hoax Buster kemudian masukan link berita yang kalian dapat dimenu search. Selanjutnya website akan mendeteksi apakah artikel berita yang sedang kalian baca merupakan berita hoax atau tidak. Jika berita tersebut merupakan berita hoax maka akan muncul [SALAH] pada artikel tersebut.

• Mengirim WhatsApp di Official Bussiness Acount Mafindo

Mafindo adalah kepanjangan dari Masyarakat Anti Hoax Indonesia. Kalian bisa melaporkan atau mengecek berita hoax tersebut melalui WA. Caranya cukup mudah kalian cukup klik akun WA pada website Hoax Buster dan kita akan langsung diarahkan ke WA Mafindo.

    Nah, setelah kita mengecek isi dan kebenaran dari berita yang kalian terima barulah kita bisa share atau membagikan berita tersebut ke orang lain akan berita tersebut. Tangkal Hoax dengan cek sebelum share agar tidak banyak lagi orang yang dibodohi karena berita yang tidak benar.


Seftina Qurniawati – Tabanan, Komunitas Blogger Bali

Blog authors