Nasional

Gunakan Motor Balap, Jokowi Melaju di Sirkuit Mandalika

timurpost.ID timurpost.ID
January 29, 2022
Home
Nasional
Gunakan Motor Balap, Jokowi Melaju di Sirkuit Mandalika
Presiden Joko Widodo menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan motor balap pribadinya di Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tengggara Barat (NTB), Jumat, 12 November 2021. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Agus Suparto)


timurpost.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di lokasi di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021) siang, dan langsung mengaspal dengan mengelilingi lintasan mengendarai motor balap pribadinya di sirkuit bergengsi itu.

Jokowi dijadwalkan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) di NTB pada Jumat ini, dan juga disebutkan siap menjajal sirkuit berskala internasional tersebut dengan motor custom miliknya yang dominan berwarna hijau.

Motor balap Jokowi itu sudah tiba di NTB kemarin, Kamis (11/11/2021). Terlihat dari unggahan video Gubernur NTB Zulkieflimansyah di akun resmi Instagram miliknya, Kamis (11/11/2021).

Dalam video itu terlihat motor yang akan dipakai Jokowi baru turun dari pesawat dan langsung dibawa menggunakan truk towing menuju sirkuit. Dalam video tersebut, Zulkieflimansyah menuliskan, “Motor bapak presiden Jokowi siap melaju di sirkuit mandalika.”

Tampak seorang pria mendorong motor custom tersebut menuju ke atas truk towing yang berwarna oranye.

Motor custom yang digunakan Jokowi itu dominan livery hijau yang dikombinasikan dengan warna putih di beberapa bagian motor. Di bagian kiri bodi motor yang terletak di bawah tangki yang akan dipakai Jokowi juga terdapat tulisan RI 1.

"Pak Jokowi pun tak sabar untuk menjajal Sirkuit Mandalika besok sore," kata Zulkieflimansyah yang dituliskannya dalam akun Instagram pribadinya.

Masih belum diketahui secara jelas spesifikasi motor custom Presiden Jokowi ini. Tetapi memang sekilas, motor tersebut agak mirip dengan dengan motor custom W175 berwarna hijau milik Presiden yang digarap Katros Garage beberapa tahun lalu.

Hanya saja, motor yang akan dipakai Jokowi di Sirkuit Mandalika ini terlihat sudah memakai fairing serta buritan yang lebih bernuansa balap klasik. Bahkan livery yang dipakai juga terkesan balap dengan adanya striping berwarna putih dengan tulisan RI 1.

Sebelumnya, Presiden Jokowi membenarkan dirinya akan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).

“Iya besok, kita akan meresmikan Sirkuit Mandalika,” kata Jokowi seusai menghadiri perayaan HUT ke-10 Partai Nasional Demokrat di Kampus ABN Partai Nasdem, Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Jokowi mengharapkan 3 event yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, yaitu Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November, World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP yang dijadwalkan pada 18-20 Maret 2022, dapat berjalan dengan baik.

“Setelah itu, event yang ada di sana dapat berjalan baik, baik itu superbike maupun MotoGP,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk tiga event berskala internasional tersebut. Sirkuit Mandalika dibangun dengan standar kelas dunia dengan lintasan sirkuit sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan.

Blog authors