Bisnis

10 Cara Benar Atur Duit Kalian bagi Generasi Milenial

timurpost.ID timurpost.ID
January 29, 2022
Home
Bisnis
10 Cara Benar Atur Duit Kalian bagi Generasi Milenial
 10 Cara Benar Atur Duit Kalian bagi Generasi Milenial

timurpost.id -  Banyak orang dewasa muda yang masih mengesampingkan urusan pengelolaan keuangan pribadi alias literasi keuangannya masih dangkal. Padahal mengelola keuangan itu sangat penting dan akan berdampak di masa depan.

Meskipun pada awalnya mungkin tugas yang menakutkan, ada manfaat instan untuk mempelajari cara mengelola dana pribadi Anda. Faktanya, perencanaan keuangan pribadi yang baik akan membantu Anda mengurangi depresi.

Berikut 10 tips kelola keuangan untuk orang dewasa, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com,  Minggu (13/11/2021).

1. Prioritaskan pengeluaran

Prioritaskan pengeluaran untuk memastikan bahwa Anda maju daripada hanya mempertahankan status quo.

Buat tujuan jangka pendek untuk diri Anda sendiri, seperti menabung untuk deposit di apartemen pertama Anda atau uang muka mobil, dan pastikan Anda menyisihkan uang untuk itu.

2. Mulailah diet semua uang

Jika Anda memiliki kebiasaan belanja berlebihan melalui online, ini akan membantu Anda keluar dari situ. Kehidupan banyak orang selamanya diubah oleh pola makan tunai. silahkan dan cobalah. Ini jauh lebih tidak menakutkan dari yang Anda bayangkan.

3. Tidak terlalu dini menabung untuk masa pensiun

Semakin dini Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin lama uang Anda harus berkembang dan mendapat manfaat dari bunga majemuk.

Waktu adalah petunjuk yang kuat untuk tabungan Anda, jadi menunda menabung selama beberapa tahun dapat secara dramatis mengecilkan jumlah uang pensiun Anda.

Bunga majemuk akan membantu meningkatkan tabungan non-pensiun juga. Misalnya, Anda mungkin memasukkan uang ke dalam rekening tabungan dengan hasil tinggi untuk menabung uang muka sebuah rumah.

4. Hidup sesuai kemampuan


Ini tampaknya menjadi salah satu prinsip keuangan pribadi yang paling mudah untuk ditaati, tetapi mungkin juga salah satu yang paling rumit.

Jika Anda cenderung mengeluarkan uang berlebihan, pertimbangkan untuk membayar pakaian dan makanan dengan uang tunai daripada dengan kartu kredit atau debit.

5. Tetapkan dan pertahankan tujuan keuangan

Untuk menjelaskan apa yang ingin Anda lakukan dengan uang Anda, gunakan angka dan tanggal, bukan hanya kata-kata.

Berapa banyak utang yang ingin Anda lunasi? Kapan Anda ingin melakukannya? Berapa banyak yang ingin Anda simpan, dan kapan Anda ingin menyimpannya?

6. Dapatkan asuransi

Anda dilindungi oleh asuransi kesehatan dan kendaraan orang tua Anda ketika Anda masih sekolah. Penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki cakupan yang memadai setelah Anda lulus.

Tanyakan kepada orang tua Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah mereka dapat memberikan asuransi kesehatan kepada Anda selama di sekolah.

Demikian pula, orang tua Anda mungkin bermaksud untuk melindungi Anda dari asuransi mobil mereka saat Anda di sekolah, tetapi Anda tidak dapat mengandalkannya.

7. Gunakan aplikasi uang

Anda dapat menghemat uang untuk biaya keuangan dengan meluangkan waktu untuk menyeimbangkan buku cek Anda seminggu sekali. Ini juga akan membantu Anda menghindari situasi yang sulit untuk dipulihkan.

Karena saldo di ATM tidak mewakili semua uang yang Anda belanjakan, Anda dapat dengan mudah melakukan penarikan akun secara berlebihan tanpa menyadarinya.

Jauh lebih mudah untuk menyeimbangkan akun Anda jika Anda memiliki aplikasi yang melakukan penganggaran dan penyeimbangan akun.

8. Kembangkan dana darurat


Menetapkan target seberapa besar keamanan yang ingin Anda buat dalam dana darurat adalah langkah pertama. Merupakan ide yang aman untuk menginvestasikan biaya hidup selama tiga bulan dalam rekening darurat paling tidak.

9. Menabung untuk masa pensiun


Sekalipun Anda memiliki waktu puluhan tahun sebelum pensiun, sekaranglah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi.

Semakin lama Anda menunggu untuk serius tentang target besar ini, semakin banyak yang harus Anda lakukan untuk memastikan masa pensiun yang nyaman.

Tidak ada aturan tunggal tentang seberapa banyak Anda dapat menabung untuk masa pensiun, tetapi aturan praktis yang baik adalah menyisihkan beberapa penghasilan Anda pada berbagai usia.

Memiliki dua kali lipat pendapatan Anda di akun pensiun Anda pada usia 35 membuat Anda siap untuk sukses.

Pada saat Anda berusia 50, Anda seharusnya sudah menabung enam kali lipat dari gaji tahunan Anda, dan pada saat Anda berusia akhir 60-an, Anda seharusnya sudah menabung sepuluh kali lipat dari gaji tahunan Anda.

10. Bijaklah dengan uang

Saat Anda lulus, pastikan Anda membuat keputusan keuangan yang bijak. Ini melibatkan pembayaran tagihan tepat waktu dan mempertimbangkan pro dan kontra dari mengambil utang ekstra, seperti untuk kendaraan atau kartu kredit.

Memulai dengan kebiasaan keuangan yang baik akan membantu Anda menciptakan dasar yang kuat. Anda akan berada di depan karena keputusan bijak Anda, daripada menghabiskan tahun-tahun menderita karena kesalahan.

Blog authors