Keuangan

Aturan Meminjam Uang untuk Tingkatkan Kekayaan

timurpost.ID timurpost.ID
January 29, 2022
Home
Keuangan
Aturan Meminjam Uang untuk Tingkatkan Kekayaan
 Aturan Meminjam Uang untuk Tingkatkan Kekayaan

timurpost.id -  Seseorang terkadang mengambil pinjaman untuk membayar mobil, rumah, atau kebutuhan lainnya. Ternyata, orang kaya juga sering mengambil pinjaman dalam bentuk hipotek atau kartu kredit.

Namun, ada perbedaan tujuan peminjaman uang yang dilakukan oleh orang kaya. Kebanyakan dari mereka memiliki beberapa aturan sederhana saat meminjam uang.

Aturan tersebut justru membantu mereka memanfaatkan pinjaman untuk meningkatkan kekayaannya.

Melansir dari The Motley Fool, Selasa (26/10/2021), simak tiga aturan sederhana yang sering digunakan oleh orang kaya yang juga bisa Anda terapkan saat meminjam uang. Apabila berhasil menerapkan aturan ini, Anda memiliki peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang dari pinjaman.

1. Gunakan Pinjaman untuk Tingkatkan Kekayaan

Orang kaya meminjam uang karena ingin memperbaiki situasi keuangan secara keseluruhan dan mereka memanfaatkan dengan baik kesempatan yang diberikan peminjam uang. Anda pun bisa melakukan hal yang sama.

Uang tersebut mungkin digunakan oleh mereka untuk membeli properti investasi sehingga mampu menghasilkan pendapatan yang konsisten. Aktivitas ini bisa meningkatkan kekayaan bersih seiring dengan bertumbuhnya nilai aset mereka.

Selain itu, orang kaya juga menggunakan uang pinjaman untuk berinvestasi lebih banyak di pasar saham. Dengan demikian, mereka memiliki potensi untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa orang kaya sering mengambil hipotek. Mereka bisa mendapatkan pinjaman berbunga rendah sekaligus menginvestasikan uangnya ke dalam aset untuk menghasilkan pendapatan yang lebih baik lagi.

2. Hindari Peminjaman Uang untuk Konsumsi

Umumnya, orang kaya tidak meminjam uang untuk mendapatkan barang konsumsi yang tidak bisa mereka beli. Salah satu contohnya adalah mereka tidak akan membayar makanan menggunakan kartu kredit.

Mereka juga tidak akan mengambil pinjaman untuk membayar biaya liburan yang mahal, serta membeli pakaian atau perhiasan mewah.

Orang kaya memang sering menggunakan kartu kredit sehingga bisa mendapatkan reward. Akan tetapi, mereka juga langsung melakukan pembayaran sehingga tidak dibebankan bunga kartu kredit.

Jadi, Anda bisa belajar untuk hidup hemat dan menghindari peminjaman uang untuk membeli aset yang tidak bernilai.

3. Hindari Pemberi Pinjaman Predator

Pinjaman berbunga tinggi dan jangka waktu pembayaran yang singkat (pinjaman predator) selalu dihindari oleh orang kaya.

Cobalah untuk meminimalkan penggunaan pinjaman predator sekalipun Anda sedang berjuang secara finansial.

Salah satu alternatif yang bisa Anda pertimbangkan adalah mengambil hipotek yang didukung oleh pemerintah dibandingkan dengan mengambil pinjaman subprima. Selain itu, Anda juga bisa mencari pinjaman lainnya dari lembaga keuangan dibandingkan mengambil pinjaman dengan mengadaikan barang.

Blog authors