Wisata Alam

Menikmati Pagi Sembari Mengamati Keindahan Bawah Laut Pulau Monduli Boalemo

timurpost.ID timurpost.ID
February 08, 2022
Home
Wisata Alam
Menikmati Pagi Sembari Mengamati Keindahan Bawah Laut Pulau Monduli Boalemo


Wawan Iko, salah satu pemandu diving di Wisata Cabana Dive Resort Foto: Hanny Ghaghana


timurpost.id - Keindahan bawah laut Gorontalo memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Daerah yang memiliki Teluk yang cukup luas tersebut ternyata menyimpan sejuta kekayaan alam bawah laut.


Salah satunya di Kabupaten Boalemo. Di tempat ini terdapat satu pulau dengan keindahan bawah laut yang begitu indah. Namanya pulau Monduli yang sangat dekat dengan wisata Cabana Dive Resort.


Tak membutuhkan waktu lama, untuk mendatangi wisata ini. Pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan speedboat dari pesisir pantai bolihutuo. 


Selama perjalanan menuju lokasi, kita disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar pantai. Belum lagi dari atas speedboat, kita bisa melihat keindahan bawah birunya air laut ketika terkena sinar matahari diwaktu pagi.

Salvador Dali di Pulau Moduli


Ombak yang tidak terlalu kuat membuat para pelancong tidak perlu khawatir selama perjalanan. Sebab, selain ditemani oleh pemandu yang profesional pengunjung juga diwajibkan mengenakan peralatan safety.


Setelah sampai di lokasi diving, benar saja keindahan bawah laut di tempat ini sangat indah. Kondisi terumbu karang yang masih asri memberikan pengalaman baru saat menyelam di perairan Teluk Tomini. 


"Terumbu karang di sini kondisinya sekitar 70 persen masih terjaga," kata Wawan Iko pemandu Diving di wisata itu.


Menurutnya, tidak hanya terumbu karang pada umumnya yang biasa dilihat di tempat tersebut. Ada beberapa jenis karang yang tergolong langka dan sulit dijumpai di tempat lain, namun di pulau Monduli bisa dilihat langsung. 


"hanya dengan kedalaman 8 meter, kita sudah bisa menemukan terumbu yang variatif," ujarnya. 


"Mulai dari karang jenis acropora reef, table coral, sponge, dan paling banyak adalah salvador dali," katanya.


Tidak hanya itu, kata Wawan, di terumbu karang yang indah itu merupakan habitat ikan-ikan kecil dengan beragam warna dan jenisnya. 


"Kita bisa melihat ikan karang, mulai dari anthias fish, sergion fish, dan jenis ikan karang lainnya yang membuat pelancong betah saat diving," imbuhnya.


Selain itu, bagi penyelam yang ingin belajar dan memiliki lisensi diving, di tempat itu juga menerima pelatihan dengan fasilitas diing yang sangat lengkap.


"Jadi tempat ini sangat rekomendasi bagi mereka yang mau belajar diving dan memiliki lisensi" ujar Wawan.


Di tempat yang sama, Mahmud M. kepada liputan6.com mengaku jika keindhan bahwa laut pulau Monduli sangat indah. Sangat cocok bagi penyelam yang masih amatiran.


"Selain tidak terlalu dalam, suasana sekitar pulau sangat indah dan menyenangkan. Apalagi di waktu pagi," ia menandaskan.




  



Blog authors