Bisnis

Cara Ingin Membangun Bisnis Tapi Modal Tak Cukup

timurpost.ID timurpost.ID
February 08, 2022
Home
Bisnis
Cara Ingin Membangun Bisnis Tapi Modal Tak Cukup


 Cara Ingin Membangun Bisnis Tapi Modal Tak Cukup


timurpost.id - Setiap orang harus bekerja demi bisa menghasilkan uang. Entah bekerja di perusahaan, membangun bisnis sendiri, atau melakukan keduanya. Namun pada beberapa kasus, banyak orang yang tidak mampu untuk memulai bisnisnya sendiri karena kekurangan modal. Banyak atau sedikit, membangun bisnis baru itu memang harus menggunakan modal.


Hal-hal yang menjadi penghambat seseorang ketika ingin membuka bisnis baru. Oleh karena itu, simaklah beberapa cara ini untuk menghasilkan banyak uang yang kemudian dapat dijadikan sebagai modal awal sebuah bisnis, seperti dikutip dari laman Enterpreneur, Jumat (09/07/2021).


1. Penjualan garasi

Beberapa barang yang Anda mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi. Daripada memenuhi rumah, lebih baik barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak untuk digunakan Anda menjual kepada orang yang membutuhkan. Mungkin Anda bisa membuat garage sale untuk melelang barang-barang tersebut.


2. Jual alat elektronik yang tidak terpakai

Ada beberapa orang yang sangat mengikuti tren masa kini. Ketika muncul teknologi baru seperti handphone, pasti langsung menilai handphone lama masih bisa digunakan. Alhasil handphone model lama yang masih layak pakai itu justru hanya akan tertimbun.


Ketika Anda sedang mencari modal untuk membangun bisnis baru, itu adalah waktu yang tepat untuk menjual segala alat teknologi yang sudah tidak terpakai tapi masih memiliki kualitas yang baik. Uang penjualan tersebut bisa digunakan untuk modal berbisnis.


3. Cari investor

Selain itu, cara lainnya adalah Anda bisa mencari seorang investor untuk mendanai bisnis baru tersebut. Mungkin bisa meminta bantuan teman, kerabat, atau keluarga untuk dijadikan investor bisnis Anda. Jelaskan apa yang ingin Anda lakukan agar mereka percaya bahwa Anda bersungguh-sungguh untuk membangun bisnis baru. Akhirnya mereka pun berminat untuk membantu Anda membangun bisnis.


4. Pakai mobil yang lebih murah

Memiliki mobil mewah adalah impian banyak orang. Akan tetapi, tundalah untuk membelinya ketika Anda sedang membutuhkan modal untuk bisnis baru. Bahkan ketika Anda sudah memiliki mobil mewah tersebut, mungkin Anda bisa menjual dan membeli mobil baru dengan harga yang lebih murah. Anda justru akan memiliki uang sisa dari hasil pembelian mobil tersebut. Uang itu bisa Anda gunakan untuk modal berbisnis.


Adapun cara lainnya ketika Anda memiliki mobil, cobalah membuka sewa mobil. Uang hasil sewa mobil itu pun bisa untuk tambah-tambah modal untuk berbisnis.


5. Memanfaatkan keahlian yang dimiliki

Ketika Anda memiliki keahlian, seperti menulis, menyunting teks, mendesain, atau keahlian lainnya, cobalah untuk memanfaatkan hal itu. Keahlian yang Anda miliki itu terkadang akan menghasilkan cuan tambahan. Menjadi seorang freelance bisa menjadi sebuah pilihan ketika Anda ingin menghasilkan uang tambahan yang nantinya bisa digunakan sebagai modal berbisnis.


 

Blog authors