Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Begini Cara Mengidentifikasi Ide Bisnis Baru

Kamis, 01 Juli 2021 | Juli 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-01T06:14:06Z

 

Begini Cara Mengidentifikasi Ide Bisnis Baru


timurpost.id -  Seorang pengusaha, miliarder, atau wirausahawan yang sukses di dunia, tentu memiliki kemampuan berinovasi yang tinggi. Bisa dikatakan bahwa inovasi memang kunci dari kesuksesan. Seperti para miliarder sukses dunia, Elon Musk dan Jeff Bezos. Kalau bukan karna terus berinovasi, keduanya mungkin tidak akan seperti sekarang ini.


Akan tetapi menurut salah satu mantan insinyur luar angkasa yang juga menjadi seorang pengusaha, James Chin Moody, di balik itu semua ada beberapa hal yang juga berperan dalam mendukung inovasi. Paling tidak, seorang pengusaha itu memiliki pengalaman dan tahu peluang yang bagus untuk mengidentifikasi sebuah bisnis baru.


“Inovasi adalah proses menciptakan sesuatu. Ini adalah proses pengambilan sesuatu dan meyakinkan seseorang bahwa mereka membutuhkannya,” ujar James Chin Moody, seperti melansir laman CNBC Make It, Selasa (29/06/2021).


Memahami Proses Inovasi

Proses berinovasi setidaknya bisa terpikirkan dari tiga cara, yaitu perubahan teknologi, perubahan di pasar, dan perubahan cara teknologi masuk ke dunia pasar.


Chin Moody mengatakan, sekitar 80% orang yang akan membangun bisnis berpikir di ketiga segmen tersebut, yaitu dengan teknologi yang ada, menjangkau pasar yang ada, dan dengan cara yang baru.


“Ketika Anda berpikir tentang apa yang menyebabkan terjadinya perubahan besar saat ini atau di mana peluang bisnis yang besar untuk masa depan, Anda dapat melihat teknologi baru dan kondisi pasar terbaru. Akan tetapi untuk membuka kedua kunci tersebut, ya harus dengan cara baru,” ujarnya.


Chin Moody menyebut bahwa saat ini kita memasuki gelombang inovasi keenam yang di mana dunia dengan digital saling berhubungan.


Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru

Banyak peluang untuk menemukan ide bisnis baru. Salah satunya dengan mengidentifikasi peluang bisnis baru. Chin Moody mengatakan, mungkin Anda bisa memulainya dari sisi pasar. Pikirkan apa masalah yang sedang terjadi dan bagaimana solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Mulai dari situ, Anda mungkin akan menemukan inovasi baru yang nantinya akan menghasilkan ide bisnis baru.


Lihat pula bagaimana persimpangan yang terjadi di dunia industri dan cari tahu bagaimana mereka dapat bekerja sama dengan baik

Sumber


 

×
Berita Terbaru Update