Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alasan Mengapa tidak bisa Simpan Semua Uang di Rekening Giro

Rabu, 14 Juli 2021 | Juli 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-14T13:55:04Z


 Alasan Jangan Simpan Semua Uang di Rekening Giro



timurpost.id – Rekening giro adalah salah satu tempat yang aman untuk menyimpan uang. Akan tetapi, janganlah menyimpan semua uang yang dimiliki di rekening giro tersebut.


Dengan rekening giro, gaji yang Anda dapat bisa langsung masuk ke rekening tersebut. Ketika gaji sudah masuk ke rekening, Anda bisa melakukan segala pembayaran termasuk pengeluaran bulanan melalui rekening giro tersebut.


Namun di samping itu, sebaiknya Anda tidak menimbun semua uang yang dimiliki ke dalam rekening giro.


“Pernahkah mendengar nenek Anda berkata, ‘Jangan simpan semua telur dalam satu keranjang’? Itu berlaku juga untuk rekening giro,” kata Gordon Achtermann, CFP di Your Best Path Financial Planning yang berbasis di Virginia, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (13/07/2021).


Alasannya


Rekening giro dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyimpan uang.


Achterman mengatakan, “Kelebihan rekening giro mungkin hanya itu, dirancang untuk melakukan satu hal yakni sebagai tempat untuk menyimpan uang yang diperlukan untuk membayar tagihan bulanan.”


Bahkan Scott Cole, CFP dari Cole Financial Planning and Wealth Management yang berbasis di Alabama pun menyarankan untuk menggunakan rekening giro ini sebagai wadah untuk menyalurkan uang masuk dan keluar.


Anggaran bulanan dapat memberikan gambaran mengenai arus kas yang akan terjadi secara berulang setiap bulannya, seperti biaya sewa, hipotek, asuransi, transportasi, makan, dan sebagainya. Dengan melihat anggaran tersebut, Anda bisa menyesuaikan kembali berapa banyak uang yang harus dialokasikan ke rekening giro dan berapa banyak uang yang harus diletakkan di tempat lain.


Cole juga memperingatkan bahwa jangan terlalu banyak menyimpan uang di rekening giro karena cenderung akan menyebabkan pengeluaran Anda justru meningkat. Jika hal demikian terjadi, penghasilan yang Anda miliki mungkin hanya dihabiskan untuk pengeluaran saja tanpa memikirkan biaya penting lainnya, seperti dana darurat atau pensiun.


“Ketika menyimpan uang telalu banyak di rekening giro, kita akan tergoda untuk berbelanja lebih banyak uang tersebut dengan membeli keinginan dan kebutuhan saat ini dan kemudian akan merugikan keperluan jangka panjang,” kata Cole.


Di Mana Tempat Baiknya Menyimpan Sisa Uang dari Rekening Giro?


Kesimpulannya, rekening giro adalah tempat yang baik digunakan sebagai penyimpanan uang sehari-hari atau untuk pengeluaran bulanan. Jika Anda memiliki uang berlebih, Anda bisa menyimpannya di beberapa tempat berikut ini.


1. Di rekening tabungan hasil tinggi


Uang yang ingin Anda simpan untuk penggunaan di masa depan atau keadaan darurat, simpanlah uang itu ke dalam rekening tabungan dengan hasil tinggi. Di rekening ini, setidaknya Anda dapat memperoleh sedikit lebih banyak bunga daripada rekening giro.


2. Di dalam CD atau sertifikat deposito


Achtermann menyarankan jika Anda sudah mengumpulkan uang untuk tabungan darurat, simpanlah sebagian uang tersebut ke dalam CD atau sertifikat deposito. Dengan CD ini, Anda berkesempatan untuk mendapat tingkat bunga yang lebih tinggi.


3. Diinvestasikan


Setelah memiliki jumlah tabungan yang disisihkan secara stabil dan tidak memiliki utang berbunga tinggi, investasikanlah sisa kelebihan uang tunai yang Anda miliki itu.

×
Berita Terbaru Update