Home
Hari Raya Idulfitri
Pashmina
Pashmina Plisket
Perempuan
Plisket
Tips
Tips Merawat Pashmina Plisket, Jadi OOTD Hari Raya


Ilustrasi


timurpost.id -
Pashmina plisket tengah menjadi tren fashion Muslimah saat ini. Pashmina dengan lipatan-lipatan kecil ini kini menjadi favorit para hijabers di tahun 2021. Pashmina ini dianggap praktis, tidak mudah kusut, dan bahkan tak perlu disetrika.


Jenis kain plisket sebelumnya sudah banyak digunakan dalam bahan rok, tunik, hingga dress. Kini kain plisket makin digemari sebagai pashmina yang bisa menyempurnakan gaya OOTD para hijabers. Harga pashmina ini pun terjangkau, sama dengan pashmina lainnya. Pashmina plisket bisa jadi salah satu inspirasi gaya di Hari Raya Lebaran.


Karena pashmina plisket terdiri dari lipatan-lipatan kecil kain, perawatannya tak boleh sembarangan. Cara perawatan pashmina plisket harus melalui langkah khusus. Cara merawat pashmina plisket yang benar akan membuat lipatan kain awet, tidak melar, dan tidak kusut.


Berikut cara merawat pashmina plisket agar lebih tahan lama, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(29/4/2021).


Kain plisket dikenal juga dengan sebutan pleats, atau dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan wiru. Model kain plisket diketahui sudah ada sejak tahun 170-an di Zaman Mesir Kuno. Pada Zaman Yunani, lipit plisket melambangkan kekuatan dan kemewahan.


Di abad ke-16 pada Era Ratu Elizabeth, plisket bahkan dianggap membuat wajah lebih cantik dan elegan. Kain plisket dijadikan sebagai ciri bangsawan yang berkelas.


Biasanya kain plisket untuk pashmina menggunakan jenis kain ceruty. Kain ini dibentuk lipatan-lipatan kecil dengan mesin khusus. Proses ini menghasilkan kain dengan lipatan-lipatan kecil vertikal. Beberapa jenis plisket bahkan memiliki lipatan bermotif yang unik.


Cara mencuci pashmina plisket

Cara mencuci pashmina plisket tak boleh sembarangan. Untuk mencuci pashmina plisket, hindari mencucinya dengan mesin cuci atau menyikatnya. Ini akan membuat lipatan pashmina rusak dan melar.


Untuk mencucinya, kamu cukup merendam dan mencelupkan pashmina di dalam air berisi deterjen lembut. Kamu juga bisa menggunakan sampo sebagai pengganti deterjen. Sabun yang lembut akan membuat pashmina tidak mudah kaku. Jika ada kotoran atau noda di pashmina plisket, cukup kucek dengan lembut dan tak perlu terlalu kuat.


Cara menjemur pashmina plisket

Untuk menjemur pashmina plisket, hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Ini akan membuat kain mudah mengkerut dan kusut. Pilih lokasi penjemuran di tempat yang teduh dengan sinar matahari yang tidak langsung mengenai pashmina.


Atau kamu juga bisa menjemur pashmina di area teduh yang bisa terkena banyak angin agar pashmina mudah kering. Sebelum menjemur, hindari memeras pashmina dengan kuat. Cukup remas-remas pashmina dengan lembut. Hindari juga menjemurnya terlalu lama, terutama jika suhu sedang sangat panas. Ini karena suhu panas akan menyusutkan kain dan merusak lipatan plisket.


Cara menyeterika pashmina plisket

Pashmina plisket sebenarnya merupakan kain yang ironless atau tak perlu disetrika. Jadi saat pashmina kering dan selesai dijemur, kamu bisa langsung menggunakannya, tanpa harus disetrika. Menyetrika plisket, jika tidak dilakukan dengan benar akan merusak lipatan dan membuatnya melar.


Namun, jika kamu harus menyetrika pashmina plisket karena mungkin terlihat kusut atau ada lipatan yang tidak diinginkan, kamu bisa mengikuti sejumlah tips ini.


Pastikan untuk mengatur suhu setrika di suhu paling rendah. Suhu panas, sekali lagi akan membuat kain menyusut dan merusak lipatan plisket. Setrika dengan mengikuti arah lipatan plisket. Jika lipatan plisket vertikal, maka setrikalah secara vertikal. menyetrikanya dengan berlawanan arah akan membuat pashmina melar dan lipatannya hilang.


Cara menyimpan pashmina plisket

Cara menyimpan pashmina plisket penting diketahui. Tak seperti pashmina lainnya yang bisa dilipat, ditumpuk, dan disimpan di dalam lemari, penyimpanan pashmina plisket sedikit berbeda.


Untuk menyimpan pashmina plisket kamu cukup menggantungnya dengan cara diikat. Ini akan membuat pashmina plisket tidak melar dan tidak berubah bentuk lipatannya. Kamu bisa menggunakan hanger khusus untuk hijab untuk menggantung pashmina plisket ini. Jika tak punya hanger khusus hijab, hanger biasa pun juga bisa untuk menyimpan pashmina plisket.


Nah, begitulah cara merawat pashmina plisket. Dengan perawatan yang benar, pashmina plisketmu akan lebih awet dan bisa kamu jadikan gaya OOTD di hari raya.


Blog authors