Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Mencari Pekerjaan untuk Remaja yang Masih Kuliah

Rabu, 14 April 2021 | April 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-14T04:05:14Z


Ilustrasi


timurpost.id - Saat masih bersekolah atau berkuliah dan belum banyak bekerja atau tidak bekerja sama sekali, mungkin sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa alasan mengapa mencari pekerjaan saat remaja bisa menjadi tantangan.


Pengalaman, jam terbang, sampai kualitas pribadi yang biasanya menjadi tantangan pencari kerja bagi kaum remaja. Tapi jangan putus asa dengan faktor-faktor tersebut.


Jika Anda seorang siswa sekolah menengah atau sedang berkuliah dan sedang mencari pekerjaan, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut,untuk mendapatkan pekerjaan. Melansir dari laman the balance careers, berikut tipsnya.


1. Pertimbangkan Berbagai Pilihan Pekerjaan


Jangan membatasi diri pada jenis pekerjaan tertentu saja. Ini adalah pasar yang sulit bagi pencari kerja muda, dan Anda mungkin tidak dapat menemukan pekerjaan yang benar-benar diinginkan. 


Jika Anda membutuhkan gaji, tetaplah berpikiran terbuka tentang apa yang akan dilakukan untuk mendapatkan gaji tersebut.


Jika Anda awalnya tertarik pada pekerjaan yang bekerja di bidang ritel, misalnya, pertimbangkan juga peran dalam layanan makanan atau juga dapat mencari pekerjaan yang berfokus pada kantor. 


Semakin fleksibel, semakin banyak peluang yang dapat Anda lamar. Selain itu, meskipun pekerjaan bukan pilihan pertama, hasilnya mungkin lebih baik dari yang diharapkan.


2. Cari Perusahaan Yang Mempekerjakan Kaum Muda


Ada beberapa perusahaan yang secara tradisional memang membuka lowongan pekerjakan untuk kaum muda atau para lulusan baru. 


Cobalah untuk masukkan lamaran pekerjaan pada perusahaan-perusahaan tersebut yang membuka peluang lebih besar untuk menerima Anda untuk mendapatkan pemasukan tambahan. 


3. Pertimbangkan Menjadi Karyawan Magang


Meskipun tidak mendapatkan gaji, menjadi sukarelawan seperti magang adalah cara yang bagus untuk menambah pengalaman kerja yang berharga ke resume Anda.


Ini akan membantu Anda untuk menemukan posisi tinggi dan berbayar di masa depan. Bekerja tidak melulu hanya soal gaji namun pengalaman juga penting untuk dijadikan bekal.


4. Iklankan Pencarian Kerja Anda


Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengiklankan bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Kita tidak pernah tahu siapa yang mungkin sedang mencari karyawan untuk bekerja.


Beri tahu semua orang bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Banyak pekerjaan tidak diiklankan, dan Anda mungkin bisa mendapatkan prospek pekerjaan yang bagus dari teman atau anggota keluarga.


Semakin banyak orang yang Anda beri tahu, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan. 


5. Tulis Resume


Meskipun mungkin tidak diperlukan oleh pemberi kerja,  resume dapat membantu Anda menonjol dari persaingan. Meskipun mungkin tidak memiliki banyak informasi untuk disertakan, resume menunjukkan bahwa Anda serius dalam mencari pekerjaan.


Pastikan untuk memasukkan pengalaman-pengalaman Anda dan beberapa pencapaian serta prestasi dalam di resume tersebut. 


6. Pastikan Media Sosial Anda Baik


Calon pemberi kerja dapat mencari nama Anda secara online dan di situs media sosial. Pastikan mereka tidak akan menemukan apa pun yang akan membuat mereka mempertimbangkan kembali untuk mempekerjakan Anda.


7. Bersikaplah Fleksibel


Bersikaplah sefleksibel mungkin dalam hal ketersediaan Anda. Semakin fleksibel, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan tawaran pekerjaan. 


Ketahuilah pula kapan Anda tersedia untuk bekerja. Bawalah daftar jam kerja saat melamar secara langsung atau pergi wawancara.


×
Berita Terbaru Update