Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Layaknya Manusia, Puluhan Anjing dan Kucing di Gorontalo Jalani Vaksinasi

Sabtu, 03 April 2021 | April 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-03T16:17:25Z

Proses Vaksinasi


timurpost.id - Buntut teror anjing gila yang kerap meresahkan warga Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, membuat Dinas Pertanian dan Peternakan Bonebol turun tangan.


Kali ini, sebanyak 32 ekor anjing dan 27 ekor kucing peliharaan warga yang sempat didatangi anjing yang mengidap rabies itu, dilakukan vaksinasi anti rabies.


Dengan menurunkan seluruh personil Bidang Keswan, satu persatu hewan peliharaan warga menjalani vaksinasi layaknya manusia. Hal ini dilakukan agar penyakit rabies yang menyerang anjing tidak tertular kepada hewan lainya.


"Kami berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus rabies pada hewan peliharaan, khususnya anjing. Sebab, kalau anjing bisa bahaya bagi masyarakat," kata Kadis Peternakan Bonebol Roswaty Agus.


Sebelumnya, anjing gila tersebut sempat menyerang dua warga dan dilarikan ke rumah sakit. Hingga akhirnya anjing itu ditemukan mati dan langsung dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.


"Ternyata setelah kami bawa ke laboratorium, hasilnya anjing tersebut mengidap rabies. Itulah mengapa kami langsung turun lakukan vaksinasi," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan, Pengendalian dan Pengawasan Ternak, Majlis M. mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan di dua desa berbeda, yakni Desa Bube dan Tingkohubu.


"Dua desa ini yang melaporkan jika ada anjing gila menyerang warga setempat. Maka kami lakukan Vaksinasi hewan secara door to door," kata Majlis.


"Mudah-mudahan, metode door to door ini dianggap langkah yang paling tepat dan mudah untuk memutus rantai virus rabies," ia menandaskan.

×
Berita Terbaru Update