Home
Berat Badan
Berkah Puasa
Kesehatan
Obesitas
Ramadan
Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan
Ilustrasi Berat badan



timurpost.id - Cara menurunkan berat badan saat puasa dilakukan dengan memperhatikan konsumsi makanan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari, dan ada pula makanan yang harus kamu penuhi asupan nutrisinya di bulan Ramadan ini untuk menurunkan berat badan.


Selain pemilihan makanan yang tepat, pola makan saat sahur dan berbuka juga patut menjadi perhatian. Ditambah dengan tetap melakukan olahraga dan memenuhi waktu untuk beristirahat, maka kamu bisa menurunkan berat badan saat puasa Ramadan.


Cara menurunkan berat badan saat puasa tidaklah sulit. Syaratnya adalah kamu menjalankan kebiasaan makan yang sehat dan teratur, serta tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga dan tidur yang cukup.


Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/4/2021) tentang cara menurunkan berat badan saat puasa.


Hindari Gula Berlebih


Kamu harus memperhatikan asupan gula yang dikonsumsi. Jika terabaikan, gula dalam makanan dan minuman manis dapat membuat tubuh mengalami kegemukan. Saat berpuasa, produksi insulin mengalami defisiensi. Padahal, Insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi bagi tubuh. Akibatnya, insulin yang sedikit tidak dapat mengubah gula menjadi energi. Sehingga sisa gula berubah menjadi lemak jahat.


Sudah menjadi rahasia umum bahwa gula adalah kandungan yang harus dihindari saat menjalani diet, terutama gula buatan. Apabila kamu tetap ingin memakan yang manis-manis, dapat menggantinya dengan buah-buah yang mengandung pemanis alami, seperti kurma, pisang, melon, atau anggur.


Hindari Gorengan


Gorengan merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah membuat gorengan menjadi pilihan saat berbuka. Namun, perlu diketahui bahwa gorengan tidak memberikan nutrisi.


Gorengan lebih banyak megandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, lemak jenuh juga dapat memicu peningkatan kolesterol jahat (LDL). Jadi menghindari gorengan merupakan cara menurunkan berat badan saat puasa yang harus kamu terapkan.


Konsumsi Protein dan Serat


Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengonsumsi protein dan serat. Mengonsumsi makanan yang megandung protein dan serat sangat dianjurkan saat berpuasa. Protein dan serat pada makanan dapat menahan perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga saat buka puasa tiba, mengonsumsi makanan secara berlebihan akan terhindari.


Makan Makanan Probiotik


Makan makanan probiotik dapat dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan saat puasa. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik, pencernaan akan lebih sehat dan diet menjadi lancar.


Makanan yang mengandung probiotik antara lain seperti yogurt, kimchi, oncom, tauco, dan acar. Sedangkan makanan yang mengandung prebiotik adalah kol, rumput laut, apel, syuran hijau, nasi merah dan lain sebagainya.  


Perbanyak Minum Air Putih


Mengonsumsi air putih dapat menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Air putih lebih menyehatkan dibanding dengan jenis minuman lain, seperti jus, es krim, kolak, dan lainnya.


Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, cairan dalam tubuh akan lebih seimbang dan melancarkan sistem pencernaan. Idealnya, minum air putih sebanyak 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas satelah tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.


Jangan Melewatkan Sahur


Tidak meninggalkan makan sahur juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan saat puasa. Alih-alih menjadi ramping akibat tidak sahur, bisa saja rasa lapar yang berlebihan malah mendorong kamu untuk membatalkan puasa atau kalap saat berbuka. Selain itu, kamu juga membutuhkan energi yang cukup untuk dapat menjalankan aktivitas dengan makan sahur.


Makan Secukupnya


Kalap dengan makan dan minum tentu sudah biasa dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Ingin makan dan minum apa saja yang ada di meja makan. Sebenarnya hal ini boleh dilakukan, tentu saja untuk kebahagiaan.


Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan porsinya juga. Karena porsi yang tidak seimbang inilah yang akan membuat kamu sulit mengontrol berat badan. Diet juga menjadi tidak bisa dilakukan dengan lebih maksimal.


Tidak hanya saat berbuka puasa, tetapi juga ketika menyantap hidangan sahur ya. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi penuh dengan kandungan gula dan lemak jenuh. Kesehatan memburuk begitu juga dengan pola diet, bahkan berat badan.


Makan Perlahan


Selain makan secukupnya, makan secara perlahan juga penting dilakukan. Tidak hanya itu, akan lebih baik lagi untuk menyantap makanan ringan terlebih dahulu. Misalnya saja seperti puding buah, buah, biskuit, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Barulah mengonsumsi makanan berat seperti nasi sebagai hidangan utamanya.


Olahraga


Olahraga saat puasa merupakan salah satu cara menurunkan berat badan saat puasa. Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Kamu dapat melakukan olahraga ringan, atau cukup melakukan pemanasan.


Istirahat yang Cukup


Istirahat dan tidur yang cukup juga sangat penting dilakukan saat berpuasa. Metabolisme pada tubuh dapat rusak jika kita kekuarangan istirahat. Namun, tidur berlebihan juga tidak bisa menyehatkan tubuh.


Perlu diketahui saat tubuh kurang istirahat, produksi hormon ghrelin akan meningkat. Hormon ghrelin dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga tibuh tidak dapat melakukan pembakaran lemak dengan baik


Blog authors