Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menikmati Malam di Talulobutu, Desa yang Menyulap Drainase jadi Menjadi Wisata Air

Jumat, 05 Maret 2021 | Maret 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-05T07:59:35Z
Ilustrasi


timurpost.id - Siapa sangka jika drainase atau irigasi saluran air bisa berubah menjadi tempat wisata keren. Hal itu bisa dibuktikan oleh Pemerintah Desa Talulobutu bersama warga sekitar yang menyulap drainase ini menjadi tempat wisata yang unik.


Tepatnya di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo. Meski terbilang belum lama, wisata alam ini kian diminati banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak, muda-mudi hingga orang dewasa kerap melancong di tempat itu.


Warga sekitar menamainya Obyek Wisata Air Toino. Wisata yang viral di media sosial ini menjadi perbincangan warganet setelah salah satu pengunjung mengunggahnya ke media sosial.


Gemerlap lampu hias yang berjajar rapi di tepian drainase menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Suara gemercik air drainase membuat pengunjung makin betah seakan tidak mau beranjak dari tempat itu.


Tidak hanya suasananya saja, yang menjadi daya tarik pengunjung di tempat ini adalah kuliner khas Gorontalo yang dijajakan di tempat itu. Tidak hanya enak, harganya pun cukup terjangkau. 


Maka tak heran, jika banyak pengunjung yang mengajak sanak dan keluarganya untuk menghabiskan malam di wisata Air Toino. Paling romantis lagi jika pengunjung mengajak pasangan untuk bersantai.


"Saya tau tempat ini dari postingan media sosial dari beberapa teman, ternyata sangat bagus," kata Yana Karim salah satu pengunjung. 


"Selain gemerlap lampu hias, di sini juga ada wahana perahu apung warna-warni yang bisa kita sewa," ujar Yana. 


Ternyata wisata tersebut digagas sebagai bentuk keprihatinan warga terhadap drainase yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah. 


Kepala Desa Talulobutu, Herman Eki mengatakan, bahwa tujuan dibangunnya wisata ini demi mengajarkan masyarakat agar bagaimana cara menjaga kelestarian sungai agar tidak tercemar.


"Agar tidak ada lagi masyarakat yg membuang sampah di kali ini. Menjaga air irigasi agar tetap bersih itu penting," kata Herman.


×
Berita Terbaru Update