Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesaing WhatsApp, Aplikasi Signal Lebih Aman dan Punya 8 Fitur Keren

Sabtu, 06 Februari 2021 | Februari 06, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-05T17:24:09Z


Aplikasi Signal (Foto: techsathi.com


timurpost.id -  Aplikasi layanan pesan Signal dan Telegram telah memberikan manfaat besar setelah WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru. Atas kebijakan baru yang menimbulkan kontroversi, para pengguna mulai beralih ke Signal dan Telegram.


Signal tersedia di Android, iPhone, dan iPad. Aplikasi ini tersedia secara gratis hanya dengan mendaftarkan nomor telepon. Serupa dengan WhatsApp, Signal juga membutuhkan internet untuk mengaksesnya. Signal menyediakan pesan enkripsi untuk obrolan pengguna.


Aplikasi Signal dikembangkan oleh yayasan nirlaba dengan pendanaan donasi. Menurut laporan gadgetsnow.com, Kamis (28/01/2021), Signal akan meluncurkan fitur-fitur baru yang mirip dengan WhatsApp.


1. Fitur Ubah Wallpaper


Sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang dapat mengubah wallpaper. Berbagai variasi warna disuguhkan agar pengguna dapat memilih warna favorit. Kini, fitur tersebut akan dihadirkan oleh Signal. Fitur baru tersebut akan tersedia bagi pengguna Android dan iOS


2. Stiker Animasi


Fitur stiker animasi juga akan diluncurkan oleh Signal. Pada aplikasi WhatsApp, fitur stiker ini sangat populer di kalangan pengguna. Variasi stikernya yang lucu dan unik dianggap sebagai salah satu cara menarik untuk berkomunikasi. Sehingga jpengguna dapat terhibur saat mengirim pesan.


3. Status Profil


Dalam aplikasi WhatsApp, pengguna sudah tidak asing lagi dengan fitur status untuk bio profil. Pengguna dapat memilih status yang sudah tersedia dengan berbagai pilihan. Seperti 'Sibuk', 'Di sekolah', 'Di bioskop', 'Tersedia', 'Di kantor', 'Baterai hampir habis', 'Sedang rapat', 'Tidak dapat bicara, WhatsApp saja', dan opsi lainnya.


Signal juga akan menghadirkan fitur tersebut untuk penggunanya. Pengguna Signal akan diberi tujuh opsi untuk bio mereka. Seperti 'Dienkripsi', 'Istirahat', 'Pecinta kopi', 'Bebas mengobrol', 'Bebas berbicara', 'Mengerjakan sesuatu yang baru', dan 'Baik'.


4. Pesan Favorit


Serupa dengan WhatsApp, Signal juga akan memberikan fitur pesan favorit. Fitur ini digunakan untuk memberikan favorit pada pesan tertentu yang dianggap penting. Tujuannya untuk memudahkan pengguna jika ingin melihat kembali pesan tersebut. Pesan yang sudah ditandai favorit akan muncul dalam tempat khusus. Sehingga pengguna tak perlu mencari-cari di kolom pesan.


5. Saran Kontak


Dalam apilkasi WhatsApp, fitur ini tersedia untuk menunjukkan obrolan yang paling sering berinteraksi. Nantinya fitur ini juga akan tersedia pada Signal. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari kontak yang sering berinteraksi.


6. Mode Hemat Data


Fitur ini berfungsi untuk menghemat data ketika sedang melakukan panggilan telepon atau video. Fitur ini dapat ditemukan di bagian 'Penyimpanan dan Data' pada menu pengaturan. Signal juga akan membuat fitur tersebut hadir dalam aplikasinya, agar serupa dengan WhatsApp. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir memikirkan jumlah data saat melakukan panggilan.


7. Pilihan Download


Signal juga memungkinkan untuk membuat fitur 'pilihan download' dalam aplikasinya. Fitur ini berfungsi untuk memberikan pilihan kepada pengguna apakah file media harus diunduh secara otomatis atau tidak.


Jika otomatis, maka file tersebut akan langsung terunduh dan tersedia di perangkat mereka. File yang dimaksud seperti video, audio, foto, dan dokumen. 


8. Panggilan Grup


Dalam aplikasi WhatsApp, fitur panggilan grup ini tersedia hanya untuk delapan orang. Mengikuti WhatsApp, Signal juga kemungkinan akan menambahkan jumlah pengguna dalam panggilan grup.


Sebelumnya Signal hanya dapat diikuti oleh 5 orang. Tetapi, jika Signal memperbarui fitur ini maka jumlah maksimalnya akan menjadi 8 orang.

×
Berita Terbaru Update