Ekonomi Tips

Coba Simak, ini 10 Tanda Orang Terlilit Utang

timurpost.ID timurpost.ID
February 26, 2021
Home
Ekonomi
Tips
Coba Simak, ini 10 Tanda Orang Terlilit Utang
Ilustrasi


timurpost.id — Jika Anda kesulitan melakukan pembayaran utang atau tagihan sangat tinggi sehingga tidak dapat menyelesaikan banyak hal lain, mungkin itu tanda memiliki terlalu banyak utang.


Memiliki terlalu banyak utang dapat menyebabkan masalah keuangan lainnya seperti tidak dapat menabung, kehilangan pembayaran tagihan, dan harus meminjam lebih banyak uang hanya untuk tetap bertahan.


Melansir dari laman the balance, berikut beberapa tanda Anda berutang terlalu banyak.


1. Tidak Tahu Berapa Banyak Utang


Bersembunyi dari utang tidak akan membuatnya hilang. Faktanya, jika dengan sengaja mengabaikan utang, justru itu tanda bahwa Anda memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat ditangani dan takut untuk menghadapinya.


Ambil salinan laporan kredit dan laporan akun terbaru Anda dari kreditor untuk membuat daftar akun dan saldo saat ini. Ini akan memberi tahu jumlah pasti utang Anda.


2. Kekurangan Uang Menyebabkan Pembayaran Terlambat


Jika pembayaran utang lebih tinggi dari pendapatan, itu pertanda bahwa Anda memiliki terlalu banyak utang. Tidak memiliki cukup uang untuk pembayaran bulanan berarti justru akan melewatkan pembayaran dari waktu ke waktu, yang membuat masalah utang semakin parah. Pembayaran terlambat memicu bunga yang lebih tinggi.


Dengan mencermati pengeluaran bulanan akan dapat membantu Anda mengetahui apa yang dapat dihilangkan untuk digunakan membayar tagihan utang tersebut.


3. Menghindari Panggilan Telepon dari Kolektor Tagihan


Ketika debt collector mulai menelepon, utang menjadi tunggakan dan mungkin tidak terjangkau. Anda mungkin dapat menghindari panggilan telepon debt collector untuk sementara waktu, tetapi jangan remehkan itu. 


Mereka dapat sebisa mungkin memutuskan untuk menuntut Anda atas utang. Jika kreditor memenangkan gugatan tersebut, mereka mungkin bisa mendapatkan izin pengadilan untuk memotong gaji atau memungut rekening bank Anda.


4. Jam Tidur Berkurang Karena Kekhawatiran


Stres terkait utang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Membuat rencana untuk menangani utang Anda dapat menghilangkan stres dan dalam beberapa kasus, benar-benar menyelamatkan hidup.


5. Meminjam Uang untuk Membayar Kembali Utang Anda


Jika harus membayar tagihan dengan pinjaman dari keluarga, teman, kartu kredit, atau tempat penarikan tunai, itu tandanya utang menumpuk dan terlalu banyak. Anda akhirnya akan kehabisan tempat untuk meminjam uang tetapi tetap harus menghadapi utang sendirian.


6. Keuangan Mempengaruhi Kinerja Kerja


Ketika kesulitan keuangan merambat ke tempat kerja, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu secara berbeda. Kehilangan pekerjaan adalah hal terakhir yang mungkin dibutuhkan saat ini karena kehilangan pendapatan dapat membuat Anda berada di tepi finansial.


7. Mencari Cara untuk Menghindari Stres Keuangan


obatan bahkan mungkin turut menyebabkan utang bertambah. Mendapatkan pengobatan untuk penyalahgunaan zat akan menjadi salah satu langkah pertama yang harus diambil jika Anda ingin keluar dari utang selamanya.


8. Menguras Tabungan


Tidak adanya tabungan, tidak selalu berarti memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat ditangani. Jika Anda menghabiskan tabungan untuk mencoba melunasi utang atau untuk memenuhi kebutuhan, saat itulah Anda tahu ada masalah.


9. Membutuhkan Kredit untuk Bertahan Hidup


Jika harus membeli bahan makanan dengan kartu kredit, itu pertanda masalah yang lebih dalam dan Anda tidak memiliki cukup uang untuk mempertahankan gaya hidup tersebut.


Anda mungkin tidak menghasilkan cukup uang sama sekali atau salah menangani uang yang dihasilkan. Apa pun itu, carilah cara untuk bertahan hidup dengan penghasilan yang diperoleh atau meningkatkan penghasilan itu sendiri.

Blog authors