Ekonomi Keuangan Menabung Tips

Begini 6 Cara Sukses Membiasakan Diri Untuk Menabung

timurpost.ID timurpost.ID
February 11, 2021
Home
Ekonomi
Keuangan
Menabung
Tips
Begini 6 Cara Sukses Membiasakan Diri Untuk Menabung
ilustrasi menabung


timurpost.id —
Kebanyakan orang mungkin memiliki tujuan keuangan yang ambisius. Kunci untuk mencapainya adalah dengan membangun kumpulan kebiasaan sehari-hari dari hal yang sangat kecil. Dengan mengambil langkah-langkah kecil yang menjadi kebiasaan dari waktu ke waktu, Anda diharapkan dapat memperbaiki situasi keuangan pribadi.


Melansir dari laman mental floss, berikut beberapa kebiasaan kecil yang dapat dikembangkan hari ini yang dapat membantu uang Anda tumbuh.


1. Transfer otomatis uang ke tabungan


Menyiapkan transfer otomatis adalah salah satu cara termudah untuk berhemat. Untuk membuat kemajuan dalam tujuan, transfer otomatis beberapa rupiah ke rekening tabungan setiap minggunya. Itu akan membantu Anda untuk menabung dengan cepat tanpa berpikir ulang untuk menyisihkan uang ke dalam tabungan.


2. Rencanakan pembelian


Alih-alih berlari cepat ke toko untuk membeli beberapa barang di sana-sini, rencanakan belanja Anda. Buat daftar apa yang ingin dibeli, dan berapa banyak yang akan dibelanjakan. Dengan memiliki daftar dan mematuhinya, Anda akan lebih baik dalam menghindari pembelian impulsif atau mengambil barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.


Hal yang sama berlaku untuk barang yang Anda beli secara online. Cari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan, berapa banyak uang yang mampu dibelanjakan, dan tunggu setidaknya beberapa hari sebelum melakukan pembelian.


Jika itu bukan barang penting, coba tunggu selama 30 hari sebelum menambahkannya ke keranjang Anda.


3. Bayar diri Anda


Jika ingin memastikan Anda tidak mengeluarkan uang berlebihan, buatlah anggaran. Tetapi jika ingin menumbuhkan tabungan, bayar diri sendiri terlebih dahulu. Itu berarti menaruh uang untuk tabungan ketika Anda mendapatkan gaji, kemudian hiduplah dari sisanya.


Jika hanya membayar diri sendiri setelah tagihan dan pengeluaran diurus, Anda akan menghadapi risiko tidak cukup menabung untuk mencapai tujuan besar dikemudian hari. Lakukan ini dengan mentransfer uang secara otomatis ke rekening tabungan atau menyimpan persentase dari gaji setiap bulan.


4. Simpan uang koin


Biasanya uang koin kembalian bergemerincing di bagian bawah saku. Buanglah ke dalam wadah dan tandai untuk tujuan penghematan tertentu. Jika Anda mengosongkan stoples beberapa kali setahun, Anda akan terkejut betapa cepatnya koin-koin itu bertambah. Jangan remehkan uang koin kembalian karena itu dapat dijadikan alternatif untuk menghemat.


5. Hematlah uang bonus


Saat mendapat kenaikan gaji, menjalani bulan freelance yang fantastis, melakukan pertunjukan sampingan, atau mendapatkan bonus pekerjaan, berkomitmenlah untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan tersebut. Meskipun Anda mungkin ingin menikmati sebagian dari uang tambahan, itu tidak masalah, alokasikan beberapa persen dari uang bonus tersebut untuk tujuan tabungan Anda.


6. Lacak kemajuan keuangan


Luangkan waktu setiap bulan untuk melihat seberapa banyak kemajuan yang Anda buat untuk tujuan keuangan. Berapa banyak utang yang telah dilunasi, dan berapa banyak kemajuan yang dihasilkan dari menabung untuk uang muka rumah, atau untuk perjalanan impian tahun depan.


Melihat hasil akan membantu Anda tetap di jalur. Selain itu, ini akan memberi dorongan motivasi, dan dapat membantu memberi semangat agar tabungan meningkat.


Blog authors