Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendiri YouTube Steve Chen Meluncurkan Hedge Fund

Rabu, 20 Januari 2021 | Januari 20, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-01-20T06:54:49Z


Steve Chen dan Jack Fu


timurpost.id - Salah satu pendiri YouTube Steve Chen telah bermitra dengan manajer keuangan veteran Jack Fu untuk meluncurkan hedge fund yang digunakan sebagai wadah untuk pengambilan saham serta aset pendapatan tetap melalui penggunaan kecerdasan buatan untuk mengelola investasi.


Melansir Forbes, Selasa (29/12/2020), Chen berkata pada minggu lalu bahwa Draco Capital Macro Quant Fund telah berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 50 juta. Ditargetkan akan mencapai USD 200 juta pada akhir 2021 mendatang. Melalui dana tersebut akhirnya dia bisa memulai debutnya pada bulan September lalu menggunakan algoritma AI. Dengan begitu, dia dapat mengukur aset mana yang ideal untuk pasar bullish dan bearish.


“Ini menggunakan banyak AI dan pemrosesan data besar yang digunakan di perusahaan tempat saya bekerja dan atau sebagai penasihat di Sillicon Valley,” kata Chen.


“Dapat membebani perusahaan teknologi besar, seperti Apple dan Microsoft, dalam pasar bullish. Di samping itu juga dapat lebih fokus pada aset defensif, seperti emas dan treasury jangka panjang yang berada di pasar bearish,” lanjutnya.


Proses dana yang berkonsep investasi sistematis dapat menambah akurasi pada pengambilan keputusan. Dengan kata lain, berarti ada penggabungan analisis ekonomi dan logika investasi dengan algoritme komputer untuk membuat model pengambilan keputusan yang dapat digerakkan oleh AI. Hal tersebut diatur sedemikian rupa agar mengurangi risiko penurunan investasi.


“Dana menggantikan perdagangan subjektif berdasarkan penilaian manusia dengan sistematisasi,” ujarnya.Chen telah bertemu dengan partner dananya Fu itu sejak tahun lalu. Dia mengetahui bahwa Fu tahu cara bagaimana menggunakan data besar yang efektif untuk mengelola keuangan khususnya investasi. “Ini memotivasi saya untuk menerapkan latar belakang yang profesional di bidang keuangan,” ujarnya.


Para mitra yang telah bekerja sama saat ini sudah terdaftar di Delaware sebagai pemilik bersama dari Draco Capital Partners yang telah didirikan Fu sejak tahun 2015. Mereka merupakan dua investor utama.


Di samping itu, Fu memang seorang yang profesional dalam bidang manajemen investasi karier yang saat ini berbasis di Taiwan. Fu juga telah menjalankan hedge fund sebelumnya. Selain seorang yang profesional, Fu juga sekarang ini menjadi pemimpin dari sekelompok analisis, ilmuwan data, dan insinyur komputer.


“Kami dapat memprediksi pasar dengan indikator utama kami sendiri dan menyesuaikan kepemilikan,” ujar Fu.


Seperti diketahui, Chen telah mendirikan YouTube bersama rekannya di PayPal Chad Hurley dan Jawed Karim sejak 2005. Kemudian Chen menjadi wirausaha di Google Ventures sejak 2014-2018. Akhirnya Chen pindak kembali ke Taiwan karena ambisinya untuk membantu perusahaan rintisan di Taiwan saat 2019.

×
Berita Terbaru Update