Bansos gorontalo Korupsi Pejabat Rusli Habibie

Gubernur Gorontalo Tegaskan Para Pejabat Jangan Berbisnis Dengan Bansos

timurpost.ID timurpost.ID
January 26, 2021
Home
Bansos
gorontalo
Korupsi
Pejabat
Rusli Habibie
Gubernur Gorontalo Tegaskan Para Pejabat Jangan Berbisnis Dengan Bansos


Gubernur Gorontalo, Rusli Gabibie/foto: Kominfo/timurpost.id


timurpost.id - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan kepada anak buahnya untuk tidak mempermainkan Dana Bantuan Sosial (Bansos). Penegasan ini disampaikan Gubernur saat memberikan pembinaan kepada para pejabat di lingkungan Dinas Sosial.


Ia meminta agar Pejabat ASN di lingkungan pemerintahannya tidak berbisnis dengan rakyat. Sebab, menurut rusli banyak pejabat di darah yang terjerat kasus korupsi bansos.


“Jangan ada yang berbisnis. contoh misal ada barang harganya 8 ribu rupiah jangan dibikin jadi 10 ribu rupiah. Saya minta harus jelas beli di mana dan semua harus non tunai biar ada buktinya,” kata Gubernur Rusli


Rusli menjelaskan, bantuan sosial harus memberikan dampak kepada masyarakat. Tidak saja kepada penerima, tetapi juga para petani, nelayan, pengusaha serta UKM lokal Gorontalo. Setiap komponen bantuan sosial harus dibeli dari mereka warga Gorontalo.


“Harus mengutamakan produk dalam daerah. Beli mie instan saya larang, beli ikan kaleng saya larang karena itu produk pabrik," ujarnya. 


"Ini lebih menguntungkan rakyat kalau misalnya kita beli langsung dari nelayan ataupun petani,” ungkapnya.


Hal lain yang menjadi penekanan Gubernur yakni tentang ketersediaan data base penerima bantuan pangan bersubsidi yang dikemas ke dalam program Bakti Sosial NKRI Peduli. Data penerima harus jelas berdasarkan NIK serta tidak menerima bantuan lain sejenis baik dari pemerintah pusat maupun kabupaten dan kota.


“Contohnya di satu desa ada 1.000 orang. Mana yang dapat bantuan PKH, itu keluarkan. Biar jelas penerimanya ,” tegasnya.  

Blog authors