Nasional Politik

Sandiaga Berpeluang Besar Gantikan Edhy Prabowo Jadi Menteri

Anonymous Anonymous
November 27, 2020
Home
Nasional
Politik
Sandiaga Berpeluang Besar Gantikan Edhy Prabowo Jadi Menteri




Sandiaga Uno melambaikan tangan/Liputan6.com/timurpost.ID


Timurpost.ID - 
Salahuddin Uno berpeluang menggantikan Edhy Prabowo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan yang mengundurkan diri usai jadi tersangka kasus dugaan korupsi benih lobster oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab menyatakan, peluang Sandiaga terbuka lebar. Sebab, saat ini Sandiaga dianggap figur sentral di Gerindra selain sang Ketua Umum, Prabowo Subianto.


"Bisa jadi, beliau seperti kita ketahui cukup loyal terhadap Gerindra dan Prabowo, bukan tidak mungkin peluang itu ada," kata Fadhli, Kamis (26/11/2020).


Menurutnya, pasangan Prabowo di Pilpres 2019 itu memiliki banyak pengalaman di politik dan organisasi lainnya. Bahkan Sandiaga pernah menjabat di birokrasi pemerintahan daerah, menjadi Wagub DKI Jakarta.


"Dia cukup banyak pengalaman, aku pikir hampir semua lini pernah dirasakannya. Pemerintahan pernah, pengusaha apalagi, organisasi sosial kemasyarakatan dan lain-lain, aku pikir peluangnya terbuka," ujarnya.


Peluang Kader Lain

Namun demikian, kata Fadhli, peluang menggantikan Edhy juga terbuka bagi kader Partai Gerindra lainnya. Menurutnya, banyak kader yang pantas menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan, seperti Sufmi Dasco Ahmad, Ahmad Muzani, Sodik Mujahid, Desmond Mahesa, atau Fadli Zon.


"Peluangnya sama, tinggal bagaimana Gerindra mengatur siapa yang paling cocok untuk diserahkan kepada Presiden, karena tetap saja keputusan ada di Presiden," katanya.(***TP)

Blog authors