bonebol gorontalo wisata

Menengok Keindahan Bawah Laut Olele Gorontalo yang Memukau

Anonymous Anonymous
November 16, 2020
Home
bonebol
gorontalo
wisata
Menengok Keindahan Bawah Laut Olele Gorontalo yang Memukau

Wisata Olele/Timurpost.id


Timurpost.id, Bonebol - Ketika menyebut Wisata Olele, setiap orang akan bercerita tentang keindahan bawah lautnya. Olele adalah nama sebuah desa yang letaknya di kawasan pesisir Teluk Tomini.


Desa kecil ini berada di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo. Meski terbilang kecil, desa ini memiliki surga bawah laut tidak kalah menarik dengan sejumlah wisata bahari di Indonesia.


Untuk menuju desa Olele sendiri, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Gorontalo. Sementara, untuk akses menuju ke lokasi, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.


Pintu gerbang bertuliskan "Selamat Datang di Obyek Wisata Bahari Taman Laut Olele", menjadi penanda bahwa kita telah memasuki desa tersebut. Dari gerbang itu, hanya berjarak kurang lebih 5 ratus meter, kita sudah sampai di lokasi.


Jika ingin snorkeling, pengunjung bisa menyewa fasilitas perahu dan alat menyelam yang harganya cukup terjangkau. Hanya dengan Rp250 ribu kita sudah bisa menikmati semua fasilitas sekaligus ditemani pemandu yang berpengalaman.


Bagi yang ingin melihat keindahan bawah laut tanpa harus basah, bisa menggunakan perahu yang didesain khusus yang memiliki kaca di dasar perahu. Sehingga, bisa memudahkan pengunjung melihat pemandangan bawah laut dari atas perahu.


Sponge Coral Jadi Daya Tarik Penyelam

Melihat indahnya alam bawa laut merupakan hiburan luar biasa, terutama bagi mereka yang awam dengan wisata bahari. Selain terumbu karang, kita bisa melihat banyak sekali jenis ikan dengan warna cantik khas Sulawesi.


Tidak hanya itu, di bawah laut Olele juga terdapat terumbu karang yang langka, namanya Salvador dali, karang ini adalah sponge coral yang menjadi daya tarik penyelam di Taman Laut Olele Gorontalo.


"Sponge coral endemik yang jarang sekali ditemukan di perairan mana pun, ternyata  ada di Gorontalo," kata Alvin Noho, salah seorang penyelam asal Jakarta.


"Taman lautnya masih terjaga dengan baik makanya masih sangat indah," ujarnya.


Selain itu, kata Alvin, taman bawah laut Olele tidak begitu dalam. Cocok bagi mereka baru yang pertama kali snorkeling.


"Air yang dangkal juga memudahkan para pemula untuk belajar snorkeling. Meski baru pertama kali saya ketagihan dengan Olele," ungkapnya.


Pengunjung lain, Rian Managgi mengatakan, sangat bangga dengan kekayaan bawah laut Olele yang tidak jauh bedanya dengan taman laut lainnya.


"Kita tidak lagi buang-buang duit untuk datang ke Bunaken Manado dan juga Raja Ampat, hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Gorontalo kita sudah bisa menikmati itu," dia menandaskan.(tp)


Blog authors